Kolaborasi Disdukcapil dan Diskanla untuk Permudah Layanan Adminduk Gratis

Kolaborasi  Disdukcapil dan Diskanla untuk Permudah Layanan Adminduk Gratis

JEMPUT BOLA: Pejabat Disdukcapil dan Diskanla Kabupaten Indramayu foto bersama warga Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur seusai mengurus adminduk, Sabtu (18/3).-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu memberikan layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur, akhir pekan kemarin
Bertempat di TPI Eretan Kulon, kegiatan pelayanan adminduk turut dihadiri Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi SP, Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Moh Iskak Iskandar SSos MM, dan Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu Baman SPdSD.

Kadisdukcapil Indramayu H Moh Iskak Iskandar Ssos MM mengatakan, pemberian layanan adminduk dengan mendatangi tempat tinggal masyarakat, merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina melalui Disdukcapil sehingga mendekatkan layanan dan lebih efektif.

Tak hanya itu, lanjut Iskak, pemberian layanan dan pengurusan dokumen adminduk yang disediakan oleh Disdukcapil bersifat tidak berbayar atau gratis.

“Kami bekerja sama dengan Diskanla memberikan layanan dengan mendatangi langsung tempat tinggal warga merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang optimal dalam hal adminduk,” tuturnya.

BACA JUGA:BSI Resmikan Masjid di Bakauheni, Perkuat Kontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi

BACA JUGA:Jelang Bulan Ramadhan Polisi Sita Ratusan Botol Minuman Keras

Disampaikan Iskak dengan hadirnya kolaborasi layanan adminduk mobile ini dapat mendorong masyarakat memiliki adminduk guna  melengkapi berbagai dokumen kependudukan bagi seorang WNI sesuai dengan undang-undang serta dapat memberikan data yang valid saat mengurus layanan kependudukan sehingga dapat mempercepat pemrosesan layanan.

Pantauan di lapangan, warga Eretan Kulon tampak antusias mendatangai lokasi pelayanan adminduk yang sudah disiapkan Disdukcapil dan Diskanla Kabupaten Indramayu.

Hal itu terbukti, ada 986 warga yang membuat layanan adminduk dengan rincian e-KTP sebanyak 295 orang, akta kelahiran sebanyak 338 orang, Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 287 anak, akta kematian sebanyak 9 orang dan KTP digital sebanyak 57 orang.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat baik. Melampaui target. Dari target 500 warga yang membuat adminduk, ada sebanyak 986 warga yang memanfaatkan layanan adminduk ini,” ungkap Iskak.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Senin Ada di Pasar Patrol

BACA JUGA:Hasil Lengkap All England 2023 : Fajar/Rian Raih Gelar All England Pertama

Sementara itu, Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi SP menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan bersama dengan Discapil Kabupaten Indramayu dalam memberikan pelayanan adminduk bagi masyarakat nelayan di Desa Eretan Kulon.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Edi, dokumen kependudukan yang dimiliki masyarakat nelayan menjadi lengkap sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: