Depo Pertamina Plumpang Terbakar, 13 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Depo Pertamina Plumpang Terbakar, 13 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

Kebakaran Pertamina Plumpang memakan korban 13 orang tewas dan puluhan luka-luka-istimewa-

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID – Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara mengalami kebakaran hebat, Jum’at, 3 Maret 2023 malam.

Berdasarkan keterangan Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, api muncul sekitar pukul 20.20 WIB.

Guna memadamkan api, sebanyak 37 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di depo Pertamina di kawasan Plumpang, Jakarta Utara.

"Pengerahan Akhir : 37 unit / 135 Orang + Jakarta Barat 1 unit+ Jakarta Timur 4 unit+ Jakarta Pusat 4 unit," sebutnya, Jumat 3 Maret 2023.

 BACA JUGA:Warga Gebang Meracik Obat Jenis Baru di Bekasi, Diedarkan di Wilayah Cirebon

BACA JUGA:Pertamina Apresiasi Tim Gabungan Polri dan TNI Ringkus Mafia BBM Subsidi

"Objek yang terbakar pipa bensin Pertamina," imbuhnya.

Mulat mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Begitu juga dengan kerugian akibat peristiwa itu. Ia menyebut saat ini masih dalam proses pemadaman api.

Kasi Ops Damkar Jakarta Utara Abdul Wahid mengatakan akibat kebakaran ini, puluhan warga mengungsi.

"Untuk warga yang di permukiman sekitar mengungsi," ujar Abdul.

Sementara itu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menerima laporan, pemicu kebakaran di Depo Pertamina Plumpang adalah sambaran petir. Meski demikian PT Pertamina (Persero) menyebut, penyebab pasti belum bisa diungkapkan karena membutuhkan proses investigasi.

 BACA JUGA:ABK KM Samudra Hilang di Perairan Patimban, Subang, Tim Rescue Pos SAR Cirebon Lakukan Pencarian

"Pertamina membentuk tim gabungan dengan PT Pertamina Patra Niaga, fungsi terkait, dan aparat penegak hukum untuk menginvestigasi penyebab terjadinya insiden malam ini," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, dalam keterangannya, Sabtu, 4 Maret 2023 dini hari.

Sementara itu Polda Metro Jaya akan mengusut pemicu kebakaran Depo Pertamina Plumpang.  "Penyebab kebakaran belum jelas. Kan tim laboratorium forensik masih bekerja. Semuanya nanti. Besok ada posko kita akan update semuanya," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran.

Sementara itu korban tewas akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, kembali bertambah. Update terbaru, korban tewas berjumlah 13 orang, 3 di antaranya adalah anak-anak.

Berdasarkan data yang dicatat di Posko Kebakaran yang berada di Koramil Koja, Sabtu, 4  Maret 2023 dini hari, korban tewas berjumlah 13 orang. Para korban tewas ini tercatat dibawa ke RS Tugu, RSCM dan RS Polri Kramat Jati.

BACA JUGA:Dikenal Penyendiri, Ini Isi Surat Wasiat Pelajar SMK di Sukra yang Nekad Gandir

Selain korban tewas, ada juga korban yang mengalami luka-luka. Jumlahnya hingga kini tercatat ada 50 orang dengan 1 korban di antaranya anak. Korban luka-luka ini telah dievakuasi ke RS Pelabuhan, RS Tugu, RS Muliasari dan RS Koja.

Pertamina mengonfirmasi bahwa kebakaran di Depo Plumpang terjadi pada bagian pipa. Orang-orang dievakuasi menjauh dari lokasi kebakaran tak lama setelah insiden terjadi.

"Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," kata Area Manager Communication, Relation, and CSR Pertamina Jawa Barian Barat, Eko Kristiawan.

BACA JUGA:Pelajar SMK di Sukra Nekad Gantung Diri, Tinggalkan Surat Wasiat

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: