Apa Penyebab Sakit Pinggang Belakang ? Simak penjelasannya

Apa Penyebab Sakit Pinggang Belakang ? Simak penjelasannya

Pinggang -ilustrasi --

RADARINDRAMAYU.ID -  Rasa nyeri yang muncul di area bawah punggung, tepatnya di atas tulang ekor (garis bokong) dan di bawah dekat tulang rusuk itu dinamakan sakit pinggang belakang.

sakit pinggang belakang dalam dunia kedokteran lebih tepat disebut sebagai sakit punggung bawah alias low back pain.

Nah bagian belakang tubuh (punggung) tersusun oleh tulang belakang yang didukung oleh cakram, sumsum, serabut saraf, hingga otot dan ligamen. Otot perut membantu mendukung tulang belakang.

Jika trauma yang terjadi di mana pun di daerah tersebut bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggang belakang (punggung bawah).

BACA JUGA:BBWS dan PT. Adhi Karya Bangun Irigasi di Majalengka

Sedangkan sakit pinggang belakang bawah dapat bersifat nyeri akut (muncul tiba-tiba dan cepat hilang) ataupun nyeri kronis (muncul bertahap dan berlarut-larut). Berikut ini artikel kita kutip dari hellosehat.com .

Apa saja tanda-tanda dan gejala sakit pinggang belakang?

Gejala sakit pinggang belakang biasanya muncul ketika punggung bagian bawah Anda cedera atau mengalami trauma. Beberapa tanda khas dari kondisi ini meliputi:

Sensasi terbakar atau panas di pinggang bagian belakang Kesemutan

Rasa sakit ringan atau bahkan tajam yang menyebabkan Anda tidak bisa bergerak

Tergantung pada penyebabnya, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kaki, pinggul, atau telapak kaki. Selain itu, kaki Anda juga mungkin jadi terasa lebih lemah sehingga kesulitan untuk berdiri.

BACA JUGA:Nunung Didiagnosa Mengidap Kanker Payudara, Ini Penyebabnya

Gejala sakit pinggang belakang biasanya hilang setelah beberapa hari atau minggu pengobatan. Namun, apabila rasa sakit masih terasa lebih dari tiga bulan, bisa dikatakan menjadi sakit tulang belakang yang kronis dan memerlukan penyembuhan lebih lanjut.

Mungkin ada gejala lain yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tanda-tandanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan atau kekhawatiran silakan konsultasikan ke dokter Anda. Status dan kondisi bisa berbeda bagi setiap orang.

Apabila setelah 48-72 jam rasa sakit pada pinggang belakang tidak juga mereda, sebaiknya Anda pergi ke dokter. Selalu diskusikan dengan dokter untuk metode diagnosis, perawatan, dan pengobatan terbaik bagi Anda.

BACA JUGA:Shock dan Menangis, Nunung Dinyatakan Mengidap Kanker Payudara, Begini Kondisinya

Apa penyebab sakit pinggang belakang?

Benturan keras di punggung bawah karena trauma atau cedera dapat menyebabkan rasa nyeri yang berlangsung selama 1 sampai 7 hari. Bahkan rasa nyeri ini bisa bersifat kronis dan berlangsung lebih lama, sekitar 3 bulan.

Penyebab sakit pinggang belakang adalah:

Gerakan tiba-tiba bisa menyebabkan nyeri pinggang belakang

Lemak

Postur tubuh yang buruk

Lemah otot dan sakit perut

Terlalu banyak duduk

Mencoba untuk mengambil sesuatu

Kondisi ini juga bisa terjadi dengan penyakit lain, seperti: Cedera otot

Saat melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan, otot, dan ligamen yang berada di sekitar pinggang dapat meregang bahkan robek. Saat cidera otot, Anda bisa merasakan punggung di bagian menjadi kaku serta terjadi kejang otot sehinggga menyebabkan sakit pinggang belakang bawah.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Canangkan Program Gemapatas, “Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok”

Berikut faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang belakang:

Saraf kejepit

Perlu diketahui bahwa saraf di bagian belakang lebih rentan mengalami cedera. Sebaiknya, Anda lebih berhati-hati karena risiko untuk terjadi bagian luar saraf yang robek, sakit pinggang belakang pun bertambah seiring bertambahnya usia.

Hal yang lebih parah bisa terjadi saat piringan yang ada di tulang rawan mendorong sumsum tulang belakang sehingga membuat sakit di bagian belakang berlangsung lebih dari 72 jam.

Penyempitan tulang belakang

Spinal stenosis atau bisa juga disebut sebagai penyempitan tulang belakang adalah kondisi ketika tulang belakang menyempit. Tekanan pada sumsum tulang belakang juga saraf di sekitarnya bisa menyebabkan mati rasa, kram, serta sakit pinggang belakang.

Abnormal spine

Abnormal spine atau lekukan tulang belakang yang tidak normal terdiri dari beberapa jenis seperti skoliosis, kifosis, atau lordosis. Lengkungan yang tidak biasa pada tulang belakang ini bisa memberikan tekanan pada otot, tendon, ligamen, serta menyebabkan sakit pinggang belakang.

BACA JUGA:Gara-gara Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah Rusak dan Terbakar

Radang sendi

Peradangan pada area persendian tulang panggul biasanya diawali dengan robekan kecil. Dari kerusakan tersebut hingga menimbulkan rasa nyeri, butuh proses pergeseran tulang yang terjadi secara berulang kali.

Tekanan berlebihan secara terus-menerus menyebabkan persendian sedikit bergerak dan hal tersebutlah yang akhirnya menimbulkan rasa sakit pinggang belakang dan kaku.

Selain itu, sakit pinggang belakang juga bisa disebabkan oleh  fibromyalgia dan beberapa penyakit serius (tapi jarang) seperti kanker, penyakit ginjal, atau penyakit darah.

Demikian penyebab sakit pingang belakang.

BACA JUGA:Waspada! 5 Aliran Sesat Ini Pernah Muncul di Inbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: