Lampu hijau Kang Emil, Exit Tol Cisumdawu Hanya 22 Kilometer Tembus ke Jatibarang Indramayu

Lampu hijau Kang Emil, Exit Tol Cisumdawu Hanya 22 Kilometer Tembus ke Jatibarang Indramayu

Asrama Haji Indramayu yang perlu dukungan exit tol dari Kecamatan Jatibarang atau daerah lainnya yang terhubung ke Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati.--

MAJALENGKA, RADARINDRAMAYU.ID -  Kini dengan adanya tol Cisumdawu bisa terhubung ke Kabupaten Indramayu bila dibangun exit tol baru yang menghubungkan dari perbatasan Kabupaten Majalengka.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah mempersilakan bila Kabupaten Indramayu ingin mengusulkan exit tol ke Jalan Tol Cisumdawu.

Sebab, saat ini Kabupaten Indramayu hanya memiliki 1 exit tol dan itu pun ada di Kecamatan Cikedung yang jauh ke pusat pemerintahan dan perekonomian.

"Kepala daerah yang ingin mengajukan exit tol silakan, asal argumentasinya jelas," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

BACA JUGA:Edarkan Ribuan Butir Pil Tramadol, Pria Gondrong Ini Terancam 10 Tahun Penjara

Seperti yang disampaikan Kang Emil, Kabupaten Indramayu bila ingin membuat sodetan jalan juga diperbolehkan, asalkan menghubungkan ke daerah yang prospektif.

"Kalau Indramayu mau nyodet ke Tol Cisumdawu boleh. Silakan diusulkan asal argumentasinya jelas," tandas Kang Emil.

Menurut Kang Emil, Tol Cisumdawu adalah momentum yang harus dimanfaatkan, karena akses jalan bebas hambatan tersebut tidak hanya menghubungkan Cileunyi Sumedang dan Dawuan.

Tetapi juga bisa menguntungkan wilayah Pantura Jawa Barat dan mendongkrak perekonomain daerah di sekitarnya.

Sebagai informasi, Kabupaten Indramayu memiliki beberapa kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka yakni, Bangodua, dan Sukagumiwang.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Hari Ini di Polsek Kandanghaur. Siapkan Persyaratanya !

Pembangunan exit tol di kawasan ini, juga akan mendorong konektivitas wilayah Kecamatan Jatibarang yang merupakan pusat perekonomian.

Apalagi, jarak dari Sukagumiwang menuju ke Jatibarang hanya berkisar 22 kilometer saja.

Kabupaten Indramayu juga perlu terhubung dengan Kabupaten Majalengka via tol, karena akses satu-satunya saat ini hanya jalan kabupaten.

Apalagi dengan adanya Asrama Haji yang dibangun di Kecamatan Lohbener, tentu perlu akses yang memadai untuk dapat terhubung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:PDIP Jabar Siap Kawal Percepatan Pembentukan Kabupaten Inbar

Wacana exit tol dari Cisumdawu ke Kabupaten Indramayu tentu perlu diseriusi, mengingat peluang yang ada di depan mata.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat memberikan lampu hijau andai exit tol itu diusulkan Bupati Indramayu dan memiliki alasan atau argumen kuat.

BACA JUGA:Pemilih Pemilu 2024, Jumlah Janda Lebih Banyak Dibanding Duda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: