KTP Digital Mulai Diterapkan di Kabupaten Indramayu. Lebih Praktis Lho !

KTP Digital Mulai Diterapkan di Kabupaten Indramayu. Lebih Praktis Lho !

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Moh Iskak Iskandar (kiri) bersama warga yang sudah memiliki KTP Digital-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Perkembangan teknologi memang semakin pesat. Setelah Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, sekarang KTP Digital mulai diberlakukan secara bertahap di Kabupaten Indramayu, JawaBarat.

 

KTP Digital ini lebih praktis dan efektif, karena terintegrasi dengan kartu atau dokumen lainnya seperti Kartu Keluarga (KK), BPJS, NPWP, hingga Kartu Vaksin. Semua ada dalam satu genggaman, di HP android masing-masing.

 

 “Jadi kalau sudah punya KTP Digital, tidak perlu lagi bawa-bawa dompet dengan banyak kartu. Semua data ada dalam satu genggaman di smartphone masing-masing,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dsdukcapil) Kabupaten Indramayu, Drs Moh Iskak Iskandar MSi, Sabtu, 14 Januari 2023, saat memberikan pelayanan langsung di Desa Sleman Lor, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.  

 

Iskandar menjelaskan, untuk bisa mendapatkan KTP Digital syaratnya cukup mudah. Syarat utama tentu harus memiliki handphone berbasis android, harus memiliki email, dan ada koneksi internet.

BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling, Hari Senin di Pasar Patrol

BACA JUGA:Pertamina EP Subholding Upstream Regional Jawa Lampaui Target Produksi Migas di Tahun 2022

Kalau persyaratannya sudah lengkap, bisa langsung datang Kantor Kecamatan masing-masing untuk membuat KTP Digital. Prosesnya cepat dan mudah.

 

Bagaimana dengan nasib KTP Elektronik, setelah munculnya KTP Digtal? Meski sudah ada KTP Digital, kata Iskandar, pihaknya juga tetap melayani pembuatan KTP Elektronik non digital.

 

Karena harus diakui,  masih banyak masyarakat yang tidak memiliki HP Android bahkan banyak juga yang gaptek (gagap teknologi).  Mereka juga harus dilayani dengan sebaik-baiknya.

 

Penerapan KTP Digital secara bertahap di Kabupaten Indramayu ternyata langsung disambut  positif oleh masyarakat. Seperti saat Disdukcapil membuka layanan keliling di Desa Sleman Lor Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Sabtu, 14 Januari 2023.

 

Masyarakat sangat  antusias untuk beralih dari KTP Elektronik biasa ke KTP Digital, hingga membuat petugas kewalahan melayani mereka.

 

Salah seorang warga Desa Sudikampiran Kecamatan Sliyeg, Acep Syahril, mengaku tertarik untuk beralih ke KTP Digital karena lebih praktis. Proses pembuatananya juga cepat dan mudah. Gratis pula !

 

Kepala Disdukcapil, Moh Iskak Iskandar menambahkan, pihaknya memang terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam pembuatan identitas kependudukan.

 

Untuk itulah pelayanan bukan hanya dilakukan di kantor, namun juga melalui mobil pelayanan keliling yang datang langsung ke desa-desa sesuai jadwal yang ada. Menurutnya,  ini sesuai dengan program Bupati Indramayu, Nina Agustina, untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

                                                                                                        

“Seperti hari ini, kita berada di Desa Sleman Lor Kecamatan Sliyeg dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami melayani pembuatan KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran, Akta Kematian, hingga pembuatan KTP Digital. Ternyata antusias  masyakarat sangat luar biasa,” tandas Iskandar.(oet)  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: