Kemitraan UMKM-BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi. PT Waskita Karya Genjot Pembangunan Infrastruktur

Kemitraan UMKM-BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi. PT Waskita Karya Genjot Pembangunan Infrastruktur

Anggota Komisi VI DPR RI, DR H Herman Khaeron MSi, saat Sosialisasi Peran Kemitraan BUMN-UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, Senin, 28 November 2022-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Anggota Komisi VI DPR RI, Dr Ir H Herman Khaeron MSi mendukung program kemitraan antara UMKM dengan BUMN, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, kemitraan antara UMKM dengan BUMN harus terus ditingkatkan. Dikatakan, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki anggaran  CSR (Corporate Social Responsibility) atau kepedulian terhadap lingkungan maupun program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

 Juga ada program yang langsung memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat, seperti pembentukan Holding Ultra Mikro
 “Holding Ultra Mikro ini bisa memberikan modal dengan gampang kepada UMKM tanpa agunan,” kata Hero, sapaan Herman Khaeron.
 
Disamping itu, tambahnya, untuk usaha yang lebih besar juga ada fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat), dimana tata caranya mudah. Sehingga masyarakat akan survive dan mampu tingkatkan usaha.

BACA JUGA:Dampak Terendam Banjir Rob 450 Hektare Sawah Pesisir Pantura Gagal Tanam

“Jadi jangan hanya yang besar saja yang berkembang. Kita ingin usaha kecil bisa semakin besar dan yang besar juga tetap bisa eksis,” ujar Hero, usai kegiatan Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM-BUMN untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Senin, 28 November 2022, di Indramayu.

Dikatakan, sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM

tahu dan bisa memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh kemudahan dalam berusaha. Baik dari sisi permodalan maupun pemasaran.

Hero juga mengaku bangga karena sudah banyak BUMN besar yang sudah menjalin kerjasama dengan UMKM. Keberadaan BUMN memang semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA:HUT Kedua Perpeda, Gelar Khitanan Masal, Dihadiri Kang Pendi

BUMN lainnya yang juga banyak memberikan kontribusibagi masyarakat  adalah PT Waskita Karya. PT Waskita Karya sebagai agen pembangunan  di bidang infrastruktur terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia.

Hal ini diwujudkan dalam pembangunan berbagai sektor. Antara lain jalan tol, bendungan, kelistrikan, bangunan gedung,bandar udara, jalur perkeretaapian, dan masih banyak lagi.

Pembangunan berbagai infrastruktur yang besar dan berkualitas, tentunya juga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi. Keberadaan jalan-jalan yang bagus tentu saja akan memperlancar transportasi maupun arus distribusi barang dan jasa.

Begitu juga pembangunan bendungan yang dilakukan PT Waskita Karya, juga sangat mendukung pembangunan di bidang pertanian. Karena akan mampu menampung air guna memenuhi kebutuhan petani.

BACA JUGA:Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Naik, Elektabilitas Ganjar – Erick Ikut Naik

Sementara Pembina Yayasan Mitra Sehati, dr Hj Ratnawati MKKK, saat menyampaikan materi via zoom mengatakan, Yayasan Mitra Sehati hadir untuk melakukan pembinaan UMKM di wilayah Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

Dikatakan, keberadaan UMKM di wilayah Indramayu dan Cirebon terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena UMKM memang merupakan usaha yang terbukti tahan krisis.

“UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional. Ekonomi Indonesia sangat terbantu dengan keberadaan UMKM yang jumlahnya semakin banyak,” ungkapnya.

Anggota Persatuan Istri Anggota DPR RI (PIA DPR RI) Fraksi Demokrat ini juga mengingatkan kepada UMKM agar selalu menjaga kualitas produk serta kontinuitas produksi. “Salah satu kelamahan UMKM yang sering kita temukan adalah tidak bisa menjaga  kualitas produk,” ujar istri dari Herman Khaeron ini.

BACA JUGA:BRI Kanca Jatibarang Salurkan Program TJSL, Bantu 10 Unit Mesin Penggerak Perahu untuk Para Nelayan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: