Punya Kulit Berminyak Jangan Takut Pakai Pelembab, Begini Faktanya

Punya Kulit Berminyak Jangan Takut Pakai Pelembab, Begini Faktanya

ilustrasi--

RADARINDRAMAYU.ID - Siapa bilang punya kulit berminyak, kita tidak perlu memakai pelembab. Selama ini banyak orang salahpaham dalam perawatan kulit berminyak dianggap tidak memerlukan pelembab.

Banyak orang menganggap bahwa memiliki kulit berminyak sudah berfungsi untuk melembabkan kulit sehingga tidak memerlukan hidrasi tambahan dari pelembab.

Ternyata faktanya kulit berminyak itu kulit dan kulit terhidrasi merupakan dua hal yang berbeda lho.

Minyak kulit berhubungan dengan zat lilin yang disebut sebum. Lalu sebum itu disekreasikan oleh kelenjar sebaceous untuk menjaga fungsi penghalang kulit.

BACA JUGA:Bupati Nina Melaunching Pasar Murah Serentak

Sedangkan hidrasi kulit berhubungan dengan proses penyerapan air ke dalam lapisan kulit untuk mempertahankan kekenyalan, elastisitas dan ketahanan.

Dengan fakta ini, maka bisa diambil kesimpulan bahwa sebum yang menumpuk atau kulit yang berminyak tidak sama dengan kulit yang terhidrasi dengan baik.

Bahkan banyak orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak, cenderung sangat berusaha untuk menghilangkan minyak di wajah, salah satunya dengan sering mencuci muka.

padahal usaha menghilangkan minyak di kulit seperti ini dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat.

BACA JUGA:Heboh, Terungkap Sekandal Istri Kades selingkuh, Lewat Anaknya Sadap Whatsaap Ibunya

Maka dari itu kulit berminyak harus menggunakan pelembab , akan tetapi pelembabnya dengan konsentrasi minyak yang rendah.

Seperti yang diungkapkan oleh ahli dermatologi dari Klinik Cantiq DRD dr.Ratna Defi, M Biomed (AAM), " Hal ini perlu diperhatikan karena apabila pasien dengan tipe kulit berminyak memilih pelembab seperti ini (kadar minyak tinggi), maka produksi minyaknya lebih tinggi lagi," ujarnya.

Nah begitulah uraian kulit berminyak bisa memakai pelembab.

BACA JUGA:Semifinal Piala AFF 2022 : Indonesia vs Vietnam, Thailand vs Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: