Menuntut Ilmu Tak Kenal Usia, PKBM Samiaji Berikan Solusi

Menuntut Ilmu Tak Kenal Usia, PKBM Samiaji Berikan Solusi

Kelompok belajar Paket A mengikuti ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU-  Belajar di waktu muda bagai mengukir di atas batu, Belajar di waktu tua bagai melukis di atas air.  Begitulah peribahasa mengatakan. Menuntut ilmu itu penting dan merupakan kebutuhan, bekal kita. Tidak mengenal usia, siapa saja. Menuntut ilmu selain pendidikan formal, juga bisa belajar pada pendidikan non formal. 

Salah satunya di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Samiaji Patrol. Di lembaga pendidikan non formal program kelompok belajar pendidikan kesetaraan (Kejar Paket) ini, peserta didik (siswa red) yang menuntut ilmu, selain usia pelajar yang putus sekolah, juga terdapat dewasa dan usia tua. Kejar paket yang merupakan program Pemerintah untuk meniadakan warga buta huruf dan mengurangi angka putus sekolah memang membantu warga masyarakat melanjutkan pendidikan hingga jenjang setara SMA. 

Kepala PKBM Samiaji Patrol, Warganda, S,PdI mengatakan, di lembaga pendidikanya, peserta didik selain  pendidkan kesetaraan B (SMP) dan C (SLTA) saja, yang belajar pada Paket A juga ada. 

" Yang di paket A sudah usia dewasa dan orang tua. Mereka sekolah karena termotivasi ingin belajar dan melanjutkan sekolahnya. Bagi mereka, meski usia tua tak menjadi persoalan, menurutnya bahwa menuntut ilmu itu penting. Selain itu bertujuan untuk memberikan motivasi bagi anak anaknya maupun orang lain, terutama yang muda," ujarnya, Kamis (3/11).

BACA JUGA:Operasikan Pos Polisi Keliling Layani Aduan Masyarakat

BACA JUGA:Tabrak Pemotor Hingga Tewas, Pelaku Tabrak Lari di Balongan Berhasil Diamankan

Disampaikan Warganda, pada akhir Oktober kemarin, kelompok belajar Paket A telah melaksanakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Pembelajaran dan ujian berbasis komputer juga diterapkan pada kelompok belajar Paket A.

Di jelaskannya, PKBM Samiaji didirikan untuk membantu masyarakat yang putus sekolah kembali melanjutkan pendidiknya. Tentunya pula mendukung upaya Pemerintah meniadakan warga buta huruf dan mengurangi angka putus sekolah. Warganda mengajak warga masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan kejar paket bisa melalui lembaganya PKBM Samiaji Patrol.

BACA JUGA:Bupati Nina Realisasikan Jembatan Penghubung Kertawinangun Soge

BACA JUGA:12 Tahun TKW Asal Karawang Hilang Akhirnya Ditemukan di Arab Saudi, Majikannya Mau Bayar Gaji Rp450 Juta

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: