Warga Binaan Jadi Anggota, Dilatih Mitigasi Bencana

Warga Binaan Jadi Anggota, Dilatih Mitigasi Bencana

DIKUKUHKAN: Ketua dan anggota Gudep Pramuka Lapas Kelas II Indramayu oleh Pengurus Harian Kwarcab Kabupaten Indramayu Nowardi ST SKom, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, INDRAMAYU - Kwarcab Kabupaten Indramayu mengukuhkan gerakan pramuka gugus depan (Gudep) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Indramayu. Selain petugas, anggotanya juga terdiri dari warga binaan.

Ada 53 anggota gudep yang dilantik langsung oleh pengurus harian Kwarcab Kabupaten Indramayu Nowardi ST SKom, Jumat (28/10). 50 anggota gudep terdiri dari 45 putra dan 5 putri.

Kepala Lapas Kelas IIB Indramayu, Beni Hidayat AMdIP SH MH mengatakan, Lapas memiliki makna rumah untuk pendidikan manusia yang salah agar patuh kepada hukum dan berbuat baik.

“Gudep laki-laki diberi nama Rinangga Dharmesti artinya anak laki-laki yang mau berbuat baik, sementara gudep perempuan diberi nama Priyanka Dharmesti artinya anak perempuan yang mau berbuat baik,” terang Beni yang juga menjadi ketua Gudep Lapas Kelas II Indramayu itu.

BACA JUGA:Arsenal Kembali ke Puncak, Manchester City Terdepak, Liverpool Terpuruk

Dengan diberi nama tersebut, lanjut Beni,  setelah keluar, anggota gudep pramuka yang juga sebagian terdiri warga binaan diharapkan dapat berbuat baik.

Dengan pelantikan gudep di Lapas ini, kata Beni, warga binaan ini mampu menjadi kegiatan kepramukaan ini menjadi bermanfaat dan menjadi suri tauladan bagi teman-temannya di dalam Lapas. “Selanjutnya bagi binaan yang menjadi anggota, mereka menjadi pioner-pioner kegiatan mitigasi bencana,” ujar Beni.

Hal itu, lanjut Beni, karena Kabupaten Indramayu menjadi salah satu daerah yang rawan banjir dan pergerakan tanah, sehingga Lapas Kelas IIB Indramayu memberikan materi khusus dan fokus melatih warga binaan agar menjadi pioner mitigasi bencana.

“Kebutulan kita punya sumber daya yang mengerti tentang mitigasi bencana, dengan harapan setelah keluar dari sini (Lapas,red) mereka jadi pioner penanggulangan bencana, pelatihan dan pendidikan yang didapat terus menumbuh kembaghkan semangat mereka," tuturnya.

BACA JUGA:Pelaku Pengedar Obat Keras Terbatas Warga Tegalgubug Ditangkap di Panongan

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Indramayu Nowardi ST SKom memberikan apresiasi kepada Lapas Kelas IIB Indramayu yang men-support terhadap warga binaanya untuk menjadi anggota pramuka.

Hal itu sambung Nowardi membuat Kwarcab Kabupaten Indramayu merasa bangga karena ada gerakan pramuka di dalam Lapas, khususnya warga binaan.

Nowardi berharap, dengan dilantiknya Gugus Depan (Gudep) Pramuka Lapas Kelas IIB Indramayu pengurus dapat menjalankan program-program sebaik mungkin.

Sehingga, saat warga binaan keluar dan pulang kerumah masing-masing mereka menjadi pribadi yang baik dan unggul sesuai dengan kode penghormatan pramuka  Dasa Dharma Pramuka. “Bisa diterapkan bisa diamalkan agar nanti saat berada di tengah-tengah masyarakat tidak canggung lagi, karena ada kegiatan pramuka di Lapas,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: