Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center. Diduga Ini Penyebabnya

Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center. Diduga Ini Penyebabnya

Kebakaran kubah masjid Jakarta Islamic Center, Rabu, 19 Oktober 2022-istimewa-

 

Radarindramayu.id, JAKARTA - Kebakaran Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Jalan Kramat Jaya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu, 19 Oktober 2022 sekitar pukul 15.00 memang cukup menggemparkan.

 

Informasi dari pihak  kepolisian setempat, sudah ada empat orang saksi yang mengetahui peristiwa kebakaran tersebut.  Yakni Burhanudin (27), asal warga Bogor,  Nano Sumarno (35), asal Kuningan, Jawa Barat, Kusmayadi, asal Kuningan, Jawa Barat, dan  Ardiansyah (32), asal Kampung Sawah Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Peristiwa kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara kerugian materi belum dapat ditaksir.

 

Menurut keterangan laporan kepolisian setempat, sebagaimana dilansir fin.co.id, peristiwa berawal dari empat orang saksi yang merupakan pekerja dari PT Dwi Agung Sentosa Pratama.

BACA JUGA:Tragis ! Kecelakaan Lalu Lintas, Istri Meninggal di Hadapan Suami

Saat kejadian mereka sedang merenovasi atap kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) . Renovasi tersebut menggunakan bahan triplex. Berdasarkan informasi, ketika hendak memasang triplex atap kubah masjid tersebut, para saksi melelehkan membran (aspal gulung) untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. 

 

Diduga percikan dari alat bakar mengenai glasbul sampai timbulnya api. Bahkan api terlihat semakin membesar.

 

Melihat kobaran api yang membesar, kemudian saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

 

Namun api ternyata semakin membesar dan akhirnya Kubah Masjid JIC terbakar seluruhnya.  Kejadian itu langsung direspon dengan menghubungi 9 Unit Damkar.

 

Eko Budiyanto, pimpinan tim Damkar bersama anggota langsung menangani api yang kian mengganas. Sementaraa upaya yang dilakukan  kepolisian, langsung mengantisipasi kejadian dengan mengimbau masyarakat agar tidak mendekati asal api.

 

Berdasarkan video amatir yang diambil oleh warga, terlihat api membakar Kubah Masjid Islamic Center dengan begitu besar.  Berdasarkan laporan warga yang berada di sekitar lokasi, kebakaran terjadi sekira pukul 15.22 WIB.

 

Berdasarkan konfirmasi dari petugas piket Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Teddy, pihaknya mendapat laporan sekira pukul 15.47 WIB. Sejauh ini sudah 6 kendaran damkar dikerahkan untuk memadamkan api.

 

"Kubahnya yang kebakaran, unit pemadam kebakaran di Jakarta Utara sudah berangkat semua," tutur Teddy kepada awak media. 

 

Seperti diketahui, lahan yang dijadikan lokasi Masjid Islamic Center Koja, Jakarta Utara itu dulunya merupakan tempat lokalisasi Kramat Tunggak. 

 

Di era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, lahan itu kemudian dijadikan Jakarta Islamic Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: