Makanan Khas Cirebon, Siapa Sih yang Gak Kenal Empal Gentong

Makanan Khas Cirebon, Siapa Sih yang Gak Kenal Empal Gentong

Empal Gentong--

Radarindramayu.id, CIREBON - Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini, makanan dengan kuah kuning yang khas.

Cirebon tidak hanya terkenal akan terasi udangnya yang fenomenal. Tetapi juga oleh kuliner empal gentong khasnya.

Makanan sederhana yang satu ini, kini dikenal oleh masyarakat luas Jawa Barat. Jika kalian berlibur ke daerah

Cirebon masih kurang lengkap kalo belum mencoba kuliner yang satu ini. Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon, yang berasal dari kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA:Isu 105 Juta Data Pemilih Pemilu Bobol dan Dijual Online Dibantah oleh KPU

Empal gentong sekilas mirip dengangulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging
yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi, dan dilengkapi dengan bumbu khas lainnya.

Makanan lezat ini dimasak dengan cara dimasak dengan kayu bakar di dalam gentong tanah liat kurang lebih selama 5 jam. Penggunaan gentong tanah liat sendiri bukan tanpa alasan, yakni supaya memperkuat rasa masakan melalui endapan bumbu di pori-pori gentong tanah liat tersebut.

Untuk menjaga cita rasa dan keempukan dagingnya juga harusmemperhatikan kayu sebagai bahan bakar. Kayu yang sering digunakan untuk bahan bakar empal gentong sendiri yakni kayu pohon asam.

BACA JUGA:Benarkah MSG Sebabkan Kerusakan Otak hingga Stroke Ringan? Simak Penjelasannya

Dalam penyajiannya, empal gentong disajikan dengan sambal kucai dan dilengkapi sambal giling kering. Untuk menemukan makanan khas Cirebon ini cukup mudah, karena banyak yang berjualan di samping jalan. Salah satu empal gentong yang fenomenal yakni empal gentong H. Apud.

Rumah makan ini hampir dikunjungi oleh berbagai pengunjung yang datang ke Cirebon. Rumah H. Apud sendiri memiliki 3 cabang, yakni tersebar di Jl. Tuparev, Jalan Juanda, dan kawasan batik Trusmi. Untuk satu porsi
empal gentong dibandrol dengan harga Rp 25.000 – Rp 30.000.

Seporsi empal gentong hangat sangat cocok dihidangkan dengan nasi, ketupat, atau lontong. Dan jangan lupa ditaburi bawang goreng, daun bawang dan irisan daun kucai, agar citarasanya semakin istimewa.

Bagi kalian yang belum pernah mencoba empal gentong, kalo mampir ke Cirebon jangan lupa mencicipi makanan khas yang satu ini. Karena sekali mencobanya pasti akan ketagihan, mau lagi.

BACA JUGA:Perpres tentang FIR, Jokowi: Tegaskan Kedaulatan Ruang Udara Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: