Dilantik Bupati Nina Agustina, Anggota RBIB Siap Sukseskan 10 Program Unggulan

Dilantik Bupati Nina Agustina, Anggota RBIB Siap Sukseskan 10 Program Unggulan

Bupati Indramayu Nina Agustina melntik anggota Rumah Baca Indramayu Bermartabat (RBIB)-utoyo prie achdi-

Radaraindramayu.id,INDRAMAYU - Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina melantik ribuan anggota Rumah Baca Indramayu Bermartabat (RBIB), di Pendopo kabupaten Indramayu, Senin, 5 September 2022.

Bupati mengatakan, sengan dilantiknya Komisariat RBIB di 31 kecamatan se-Kabupaten Indramayu, diharapkan dapat membantu kerja kerja pemerintah daerah, terlebih dalam menangani berbagai persoalan daerah baik ditingkat desa maupun ditingkatkan kecamatan.

"Hari ini IPM di Kabupaten Indramayu masih rendah, saya berharap adanya RBIB ini bisa berkontribusi dalam meningkatkan IPM daerah," ungkapnya.

Bukan hanya itu, Bupati Nina juga berharap RBIB bisa mengkomunikasikan semua stakeholders dalam mewujudkan Kabupaten Indramayu Bermartabat, dengan misi Sapta Nata Mulia Jaya atau Tujuh Penataan Menuju Kemuliaan dan Kejayaan menjadi target yang harus dicapai bersama-sama.

BACA JUGA:Tarif Angkot di Indramayu Naik Menjadi Rp5000, Tarif Elf Jurusan Indramayu-Patrol Rp20 ribu

"Pemkab Indramayu mempunyai 10 program unggulan guna menjadikan Kabupaten Indramayu semakin maju, dan masyarakatnya lebih sejahtera," katanya.

Guna mencapai hal tersebut, lanjut bupati, RBIB harus mengawal dan menyukseskan 10 program unggulan tersebut. RBIB merupakan agen-agen penggerak agar masyarakat mengetahui 10 program unggulan dan menghadirkan Bupati Indramayu melalui programnya di tengah masyarakat hingga tingkat RT dan RW.

"RBIB juga menjadi agen pembangunan dan penguatan jaringan kerja sosial yang dapat menjangkau stakhokders, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama hingga kelompok sosial di tingkat grass root," terangnya.

Masih menurut Bupati Nina, pergerakan RBIB dilakukan dengan basis literasi yaitu seluruh kegiatan RBIB didasarkan pada manajemen bahasa, simbol serta figur bupati, yang kemudian disosialisasikan secara berjenjang sampai ke tingkat RT dan RW.

Untuk RBIB kabupaten dan komisariat kecamatan agar secara intens berkomunikasi dengan dinas-dinas terkait di Kabupaten Indramayu.

"Hal itu, agar terwujud satu rampak barisan menuju sukses 10 program unggulan. Selain itu, RBIB komisariat kecamatan harus berada dalam jalur komunikasi dan koordinasi yang baik dengan camat. Sehingga dapat meminimalisir berbagai hal yang tidak relevan dengan pembumian 10 program unggulan Pemda Indramayu," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RBIB Kabupaten Indramayu, Umar Sekar radic mengatakan, keberadaan RBIB di Kabupaten Indramayu untuk membantu mewujudkan Indramayu Bermartabat, yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indramayu agar sukses program dan sukses pemerintahan.

"RBIB memiliki Kepengurusan di tingkat kabupaten, tingkat kecamatan yang disebut Komisariat (Komsat) sebanyak 31 Kecamatan, dan tingkat desa dan kelurahan yang disebut Posko Pintar (Pospin) sebanyak 309 desa dan 8 kelurahan," ujarnya.

RBIB juga, kata Umar, terbentuk untuk bersinergi dengan pemerintah daerah mulai dari dinas-dinas, pemerintah kecamatan, hingga pemerintah desa, dalam rangka mewujudkan 10 program unggulan dan kebijakan lainnya untuk kemajuan masyarakat Indramayu.(oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: