Bawaslu Segera Rekrut Panwascam

Bawaslu Segera Rekrut Panwascam

Bawaslu--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengajak putra-putri terbaik Bumi Wiralodra untuk menjadi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu 2024.
Bagi yang berminat diminta untuk mempersiapkan segala persyaratan sebagaimana tercantum dalam pasal 117 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Pendaftaran calon Panwascam Pemilu 2024 sendiri bakal dibuka dalam waktu dekat. “Insya Allah sebentar lagi pendaftaran Panwascam Pemilu 2024 akan segera dibuka,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Nurhadi kepada Radar Indramayu, kemarin.

Dalam rekrutmen nanti, Bawaslu akan menyeleksi dan memilih orang orang yang kapasitas, kapabilitas dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih menunggu regulasi ataupun juklak dan juknis mengenai rekrutmen Panwascam yang masih dibahas oleh Bawaslu pusat.

BACA JUGA:Tim SAR Gabungan Temukan Korban Terseret Arus di Pantai Mekarsari, Indramayu dalam Keadaan Meninggal Dunia

Diharapkan, aturan tersebut bisa segera selesai karena adanya Panwascam sangat dibutuhkan untuk segera mengawasi tahapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan.

“Kami masih menunggu soal pedoman dari Bawaslu yang sampai saat ini tinggal menunggu finalisasi saja. Termasuk didalamnya soal berapa lama masa jabatan Panwascam dan besaran honornya,” ujarnya.

Nurhadi menyebut, kebutuhan pengawas di tingkat adhoc pada Pemilu 2024 masih sama seperti Pemilu sebelumnya. Yakni sebanyak 93 orang untuk 31 Kecamatan se-Kabupaten Indramayu.

Berbeda dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dibatasi periodesasi, mantan Panwascam pada pemilu-pemilu sebelumnya bisa mendaftar kembali untuk Pemilu 2024.

BACA JUGA:Korban Tenggelam di Pantai Mekarsari Patrol Akhirnya Ditemukan

“Pengumuman jadwal dan tahapan pendaftaran Panwascam akan kami sampaikan secara terbuka kepada publik. Melalui media masa, media sosial dan website Bawaslu Indramayu.

Pengumuman ini sangat penting untuk memberikan akses seluas-seluasnya keterlibatan masyarakat dalam memantau Pemilu 2024 di Kabupaten Indramayu,” terangnya.

BACA JUGA:Warga Kecamatan Cantigi Terima Kursi Roda Pemberian Bupati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: