BI: Secara Bulanan Penjualan Ritel Terkontraksi 2,1 Persen

BI: Secara Bulanan Penjualan Ritel Terkontraksi 2,1 Persen

Radarindramayu.id, JAKARTA - Hasil Survei Bank Indonesia (BI) mengumumkan Penjualan Eceran. Pada Mei 2022, penjualan eceran yang diukur dengan Indeks Penjualan Riil (IPR) berada di 234,1.

Penjualan ritel secara bulanan (month-to-month/mtm),memang terkontraksi atau tumbuh negatif 2,1 persen karena berakhirnya musim Ramadan-Idul Fitri. Namun secara tahunan (year-on-year/yoy), tumbuh positif 2,9 persen.

Pertumbuhan IPR secara tahunan, ditopang oleh penjualan Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Penjualan eceran secara bulanan, turun -2,1 persen (mtm) pada Mei 2022 sejalan dengan berakhirnya pola musiman Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

BACA JUGA:41 Jemaah Meninggal Dunia Sampai Jelang Berakhir Fase Puncak Haji

Penurunan terjadi pada Subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta Peralatan Informasi dan Komunikasi.

Untuk Juni, BI memperkirakan IPR di 229,1. Masin turun 2,1 persen mtm, tetapi melesat 15,4 persen yoy.

Peningkatan penjualan ritel secara tahunan ditopang oleh kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, Subkelompok Sandang serta Kelompok Suku Cadang dan Aksesoris.

BACA JUGA:Terungkap, Aksi Adu Tembak Polisi dengan Polisi di Rumah Petinggi Polri

Sementara kontraksi bulanan disebabkan oleh penurunan yang terutama terjadi untuk Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau serta Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, di tengah meningkatnya penjualan Kelompok Suku Cadang dan Aksesoris serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Dari sisi harga, responden memprakirakan tekanan inflasi pada Agustus dan November 2022 (3 dan 6 bulan yang akan datang) menurun.

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Agustus dan November masing-masing tercatat sebesar 127,5 dan 132,1, atau turun dibandingkan 141,7 dan 137,5 pada bulan sebelumnya.  

Sebagian responden menyatakan penurunan disebabkan oleh distribusi barang yang semakin lancar.(fin)

BACA JUGA:Gunung Yamagami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: