Kebocoran Pipa Pertamina Gemparkan Warga

Kebocoran Pipa Pertamina Gemparkan Warga

Kebocoran pipa Pertamina gemparkan warga Desa Pagedangan.-Anang Syahroni-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU -Kebocoran pipa Pertamina menggemparkan warga di Blok Citra RT 03 Rw 02, Desa Pagedangan, Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Senin (27/6) malam.

Pasalnya kebocoran pipa Pertamina tersebut mengeluarkan minyak dan gas, bercampur lumpur dan menyembur ke pemukiman warga

Penuturan warga setempat, kebocoran pipa Pertamina terjadi pada pukul 22:00 WIB. Saat warga terlelap. Mereka dikagetkan dengan suara keras yang bersumber dari pipa migas,  yang jaraknya dekat dengan pemukiman.

"Pukul  setengah sepuluh malam, sempat dengar kaya ledakan. Saat keluar rumah, kaget melihat kebocoran pipa Pertamina, " ujar Karsudin, warga setempat, Selasa (28/6).

Dikatakan, kebocoran pipa Pertamina itu mengeluarkan semburan seperti minyak mentah bercampur lumpur. Juga ada bau gasnya

Beruntung, semburan lumpur yang turut membawa minyak tersebut hanya mengenai halaman depan rumah. Tidak sampai masuk ke rumah dan halaman rumah warga lainnya,  karena terhalang  saluran pembuangan air.

"Hanya halaman rumah saya saja yang kena lumpur bercampur minyak, masih ada bau-bau minyaknya, tidak sampai belakang rumah karena material semburan masuk ke saluran pembuangan air," ujar Karsudin.

Sementara itu, Sekertaris Desa Pagedangan  Ade mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait adanya kebocoran pipa Pertamina EP Jatibarang Field.

Berapa menit pasca alami kebocoran pipa Pertamina, pihaknya langsung menghubungi banlok pekerja Pertamina yang ada di Desa Pegedangan. Melalui banlok tersebut, kejadian dilaporkan ke pihak Pertamina EP untuk dilakukan penanganan. 

"Alhamdulillah sekitar pukul 12 malam sudah bisa terhenti tidak menyembur lagi," kata Ade.

Saat ini di lokasi kebocoran pipa Pertamina masih dipasang garis peringatan oleh pihak Pertamina.

Pekerja dari Pertamina juga tengah melakukan pembersihan halaman rumah warga yang terkena dampak lumpur bercampur minyak mentah.

Ade menyampaikan, pihaknya sangat bersyukur pihak Pertamina EP Jatibarang Field cepat melakukan perbaikan kebocoran pipa Pertamina. Sehingga tidak menyebabkan dampak yang meluas ke pemukiman penduduk.(oni)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: