Wawali Bakal Kirim Surat ke BBWS Atasi Banjir Rob

Wawali Bakal Kirim Surat ke BBWS Atasi Banjir Rob

Wakil Wali Kota Cirebon Dra H Eti Herawati meninjau lokasi banjir rob di RW07 Kampung Kasunean, Rabi (25/5/2022).--

Radarindramyu, CIREBON-Untuk mengantisipasi terjadinya kembali banjir rob di Kampung Kasunean, Pemkot Cirebon akan mengirimkan surat ke Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis).

Seperti yang diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon Dra H Eti Herawati kepada radarcirebon.com di sela-sela meninjau lokasi banjir rob di RW07 Kampung Kasunean, Rabi (25/5/2022).

"Karena ini masuk wilayah BBWS Cimancis, saya membuat surat ke BBWS untuk minta dibuatkan minimal 2 pintu air untuk daerah Kesunean dan juga dilakukan pengerukan,"ungkapnya.

Menurut Eti, pintu air tersebut merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi terjadi banjir rob air dari laut.

BACA JUGA:Banjir Cirebon Hari Ini Tahun 2022, Desa Mekarsari dan Gunung Sari Terendam

"Hari ini (25/5/2022) air rob sudah surut, mudah-mudahan tidak ada rob lagi. Untuk itu, kita harus cari solusi, karena ini daerah pesisir tentu harus dibuat salah satunya pintu air,"ujarnya.

Eti menuturkan, pihaknya juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke aliran sungai dan lainnya.

"Ke depan mungkin kita memang harus ada edukasi terkait pembuangan sampah dan lainnya. Tapi kita tidak bisa bicara itu hari ini (25)5/2022). Yang kita harus lakukan hari ini adalah solusi-solusi terutama pembuatan pintu air. Karena itu perlu agar air tidak masuk ke wilayah kampung ini,"tuturnya.

BACA JUGA:PLN di Tengah Pandemi Hasilkan Kinerja Keuangan 2021 Terbaik Sepanjang Sejarah

Disebutkan orang nomer dua di Kota Cirebon ini, perlu mewaspadai penyakit yang ditimbul dari dampak banjir rob tersebut.

"Penyakit pasca banjir rob ini mungkin juga ada Demam Berdarah (DB), maupun penyakit kulit. Dan hari ini juga kita lakukan penyemprotan fogging. Tinggal Lurah dan RW setempat berkoordinasi dengan Dinkes, nanti kita sampaikan. Penyakit kulit, puskesmas bisa standby dan dimaksimalkan. Kalau kebutuhan warga mendesak untuk kesehatan gratis nanti kita juga fasilitasi. Untuk bantuan dalam bentuk sembako, pihak BPBD dan Dinsos sudah menyalurkan,"pungkasnya.(rdh)

BACA JUGA:Benarkah Makan Dark Chocolate Baik untuk Tekanan Darah?

Artikel ini sudah tayang di radarcirebon.com judul: "Atasi Banjir Rob, Pemkot Bakal Kirim Surat ke BBWS"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Cirebon