Mahasiswa UGJ Cirebon Ungkap Jurus DKIS Tingkatkan Kompetensi dan Kinerja Pegawai Kota Cirebon

Jumat 11-07-2025,13:18 WIB
Editor : Burhannudin
Mahasiswa UGJ Cirebon Ungkap Jurus DKIS Tingkatkan Kompetensi dan Kinerja Pegawai Kota Cirebon

KOTA CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID — Mahasiswa dari Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Program Studi Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melakukan observasi/survei langsung mengenai kompetensi karyawan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Kamis, 3 Juli 2025.

Dinas tersebut merupakan instansi pemerintah yang bertugas mengelola urusan komunikasi, teknologi informasi, dan pengelolaan data statistik di tingkat daerah. 

DKIS membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, melaksanakan layanan informasi publik, mengelola teknologi informasi, serta mengumpulkan dan mengolah data statistik yang dibutuhkan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan pemerintahan, yang berlokasi di Jl DR Sudarsono No 40, Kesambi, Kota Cirebon.

BACA JUGA:Kembali Masuk Jajaran Bank Terbaik Dunia, BRI Pimpin Daftar Teratas Bank di Indonesia versi The Banker

Survei dan penyebaran kuisioner dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon di DKIS Kota Cirebon. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kompetensi dan persepsi positif karyawan, dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia. 

Selain itu, juga meningkatkan pelayanan publik di lingkungan DKIS Kota Cirebon.

Berdasarkan hasil Kuisioner yang disebarkan kepada karyawan DKIS Kota Cirebon, diketahui bahwa penguatan kompetensi karyawan menjadi prioritas utama dalam strategi pengembangan SDM. 

BACA JUGA:KUR Mandiri 2025 Tabel Angsuran Miliki Bunga 6 Persen, Berikut Limit Angsuran 500 Juta, Plus Tenor 5 Tahun

DKIS secara rutin menyelenggarakan berbagai pelatihan, seperti Pelatihan Google Workspace dan International RSE Reyee Certification Training, untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan data, literasi digital, dan keamanan siber. 

Pelatihan ini bertujuan agar seluruh karyawan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, sekaligus memastikan pelayanan publik berjalan secara efektif dan responsif.

Selain pengembangan kompetensi teknis, persepsi positif karyawan terhadap lingkungan kerja juga menjadi perhatian penting. 

BACA JUGA:Perkuat Struktur Pendanaan Jangka Panjang, BRI Fokus Himpun Dana Murah

Karyawan DKIS merasakan lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung produktivitas. 

Mereka mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, memperoleh penghargaan atas kinerja, serta memiliki akses pada sistem karier yang jelas dan adil. 

Kategori :