Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Apakah Akan Main di ASEAN Cup 2024 Usai Kompetisi MLS?

Senin 28-10-2024,22:01 WIB
Reporter : Sulthan Al muzakky
Editor : Sulthan Al muzakky

RADARINDRAMAYU.ID - Kiper utama Timnas Indonesia dan FC Dallas, Maarten Paes, kini memiliki kesempatan besar untuk tampil di ASEAN Cup 2024 setelah menyelesaikan kompetisi Major League Soccer (MLS) musim 2024.

FC Dallas telah mengakhiri musim pada peringkat ke-11 dalam klasemen akhir Western Conference, yang membuat mereka gagal melangkah ke babak play-off MLS, di mana hanya sembilan tim teratas dari setiap wilayah yang lolos.

Dengan berakhirnya musim untuk FC Dallas pada 19 Oktober 2024, Paes otomatis sudah terbebas dari komitmen klub, membuka peluang baginya untuk memperkuat Timnas Indonesia hingga awal tahun depan.

Dalam posting di media sosial, FC Dallas mengucapkan terima kasih kepada para pendukung atas dukungan sepanjang musim 2024, dan tim tersebut siap kembali berlaga pada musim baru di 2025.

BACA JUGA:Kejelasan Proses Naturalisasi Jairo Riedewald dan Mauro Zijlstra Masih Gelap, PSSI: 'Yang Ada Dulu Aja'

Selesainya musim MLS menjadi momen bagi Maarten Paes untuk kembali fokus kepada Timnas Indonesia, terutama untuk ASEAN Cup 2024 yang akan digelar mulai 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Ketersediaan Paes ini jelas menjadi berita baik bagi pelatih Shin Tae-yong, mengingat masih ada agenda bagi Timnas Indonesia sebelum ASEAN Cup, yaitu dua pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada bulan November melawan dua tim kuat Asia, yakni Jepang dan Arab Saudi.

Jika Maarten Paes bisa main di ASEAN Cup 2024 akan menjadi nilai tambah bagi pertahanan Timnas Indonesia yang tengah membutuhkan stabilitas pada sektor pertahanan.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Optimis Tembus Ronde 4 Kualifikasi Piala Dunia, Bulan Depan Jordi Amat Hadir! 'Saya Tidak Sabar'

Timnas Indonesia untuk turnamen ini masih belum pasti. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sempat mengindikasikan bahwa skuad yang akan dikirim ke ASEAN Cup 2024 kemungkinan besar terdiri dari pemain-pemain muda, yaitu Timnas U-22.

Indikasi ini tentunya membawa ketidakpastian apakah Paes yang kini berusia 27 tahun dapat masuk dalam rencana pemain yang dipanggil, mengingat ASEAN Cup 2024 mungkin lebih diarahkan sebagai panggung pembuktian bagi para pemain muda.

Shin Tae-yong sebagai pelatih juga menyiratkan bahwa prioritas utama Timnas Indonesia saat ini adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan bukan ASEAN Cup.

Dalam beberapa pernyataannya, Shin Tae-yong lebih memilih untuk fokus pada persiapan laga kualifikasi dengan tujuan membawa Indonesia lolos ke turnamen sepak bola terbesar dunia tersebut.

BACA JUGA:Jordi Amat Sudah Pulih, Shin Tae-yong Masih Yakin Timnas Indonesia Masuk Ronde 4! 'Sesuai Rencana Awal'

Kategori :