Ramadhan Sananta: Peran Penting Yeom Ki-hun dalam Mengasah Ketajaman Striker Timnas Indonesia

Senin 28-10-2024,18:56 WIB
Reporter : Sulthan Al muzakky
Editor : Sulthan Al muzakky

RADARINDRAMAYU.ID - Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta, mengungkapkan betapa besarnya peran pelatih khusus striker, Yeom Ki-hun, dalam mengasah kemampuan para penyerang Timnas Indonesia.

Yeom Ki-hun, yang baru bergabung pada Agustus 2024 atas permintaan Shin Tae-yong, dianggap sebagai sosok yang mampu membangun kualitas lini depan Indonesia melalui pendekatan dan pola latihan khusus bagi para striker.

Sananta menjelaskan bahwa Yeom tidak hanya fokus pada teknik dasar, tetapi juga menyampaikan evaluasi mendetail mengenai kelemahan striker lokal di Liga 1 Indonesia.

Melalui latihan yang diberikan, Yeom Ki-hun membimbing para pemain depan agar mampu bergerak tanpa bola dengan lebih baik, menyelesaikan peluang secara efektif, dan mampu mempertahankan bola dalam situasi-situasi yang menekan.

BACA JUGA:Target Realistis, Shin Tae-Yong Optimis Timnas Indonesia Lolos ke Ronde 4

Sananta mengatakan, "Beliau (Yeom Ki-hun) menyampaikan kekurangan-kekurangan apa saja yang kita alami sebagai striker lokal di Indonesia. Mungkin, secara finishing, terus pergerakan yang bagus bagaimana caranya."

Menurut Sananta, Yeom Ki-hun memberikan pelatihan yang sangat diperlukan oleh para penyerang di Indonesia.

Melalui sesi latihan yang ia terapkan, Yeom Ki-hun mengarahkan mereka pada aspek-aspek teknis, seperti pergerakan, penyelesaian akhir (finishing), dan kemampuan dalam mempertahankan bola (holding ball), yang sangat diperlukan untuk menciptakan striker yang handal di lapangan.

Sananta menambahkan, "Beliau juga menyampaikan harus bagaimana, memberikan kami latihan yang benar-benar yang dibutuhkan striker. Seperti pergerakan, finishing, holding ball, dan ia sangat bagus. Kita semua menyikapinya secara positif."

BACA JUGA:Ponpes Miftahul Huda Segeran Luncurkan SOP PPTKS, Wujudkan Lingkungan Aman dari Kekerasan Seksual!

Namun, Sananta sendiri belum dipanggil oleh Shin Tae-yong pada pertandingan melawan Bahrain dan Cina di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober lalu.

Meski demikian, striker muda ini tetap optimis dan berjanji untuk fokus pada penampilannya di Liga 1 Indonesia bersama Persis Solo. Dia berharap bahwa performa yang baik di klub akan membuka jalan bagi dirinya untuk kembali ke Timnas Indonesia.

"Mungkin saya fokus di liga dahulu. Mungkin, nanti saya main di liganya bagus, coach Shin Tae-yong bisa memanggil saya kembali, memberikan kesempatan ke saya untuk kembali ke Timnas. Dan, saya akan memberikan yang terbaik untuk Persis Solo dan Timnas Indonesia," ujar Sananta.

Tidak hanya pemain di dalam negeri, striker-striker Timnas yang bermain di luar negeri, seperti Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen, juga menerima pelatihan dari Yeom Ki-hun.

BACA JUGA:Bambang Paparkan Program Bantuan Pondok Pesantren, Insentif Imam Masjid, dan Guru Madrasah

Kategori :