3 Negara Yang Hengkang Dari AFC, Dan Lebih Memilih Osenia Mengapa? Oh Ternyata Begini Penjelasannya.....

Jumat 25-10-2024,09:10 WIB
Reporter : Denis Ahmad
Editor : Denis Ahmad

RADARINDRAMAYU.ID - Ternyata perpindahan konfederasi ke konfederasi lain bukan suatu hal yang baru dalam dunia sepakbola, karena sudah sejak lama ada beberapa negara yang sudah melakukan hal tersebut.

Hal ini karena, dahulu ada beberapa negara dulunya terdaftar dalam anggota konfederasi sepakbola Asia (AFC) namun mereka memilih hengkang.

Keputusan negara tersebut hengkang dari AFC, dan pindah ke Oseania karena ada alasan tertentu mengapa mereka lakukan hal tersebut dan pindah ke Oseania.

Bahkan negara yang dahulu nya, lolos ke Piala Dunia melalui Zona Asia memutuskan pindah ke Oseania dan hengkang dari konferensi sepakbola Asia (AFC).

BACA JUGA:Media Belanda Ungkap Kevin Diks Bukan Pemain Terakhir yang Jalani Naturalisasi Oleh Timnas, Ada Tambahan?

BACA JUGA:Shin Tae-yong Janjikan Debut Strarting Eleven Terbaik Lawan Jepang, 'Minimalnya Dapat 1 Poin'

Lalu Negara-negara mana saja yang dahulunya merupakan anggota AFC, namun memilih Oseania. Ini dia 3 negara yang memilih Oseania:

1.SELANDIA BARU

Selandia Baru yang kini dikenal sebagai raja Oseania, siapa sangka pernah tercatat sebagai snggota AFC pada 1964. Namun, Selandia Baru tergabung di AFC karena saat itu di Oseania belum ada konfederasi sepakbola yang menaungi mereka.

Baru pada 1966 OFC pun terbentuk. Lewat jalur Oseania ini, Selandia baru lolos ke Piala Dunia 1982 dan 2010. Mereka juga tercatat empat kali juara OFC Nations Cup atau Piala Asia-nya zona Oseania.

Saat ini, Chris Wood dan kawan-kawan tak memiliki lawan sepadan di zona Oseania. Satu slot lolos ke Piala Dunia 2026 yang didapatkan zona Oseania diprediksi jatuh ke tangan Selandia Baru.

BACA JUGA:Media Vietnam Soroti 3 Pemain Naturalisasi yang Dirumorkan Bergabung Timnas Indonesia, Sebut Skuad of Belanda

BACA JUGA:Belum Dievaluasi tapi Bakal Mengundurkan Diri? STY jadi Sorotan Usai Kalah dari China, Cek Faktanya Disini!

2.TAIWAN

Taiwan awalnya bagian dari Federasi Sepakbola China (CFA) yang tercatat sebagai anggota AFC. Namun, pada 1975 Taiwan memutuskan hengkang ke Oseania karena AFC hanya mengakui keberadaan China.

Kategori :