Pergantian Kapten dari Jay Idzes ke Asnawi, dan Starting Line Up Blunder, Strategi STY jadi Sorotan!

Jumat 18-10-2024,10:12 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Pelatih tim nasional sepakbola Indonesia Shin Tae-yong, diduga melakukan eksperimen terhadap posisi line up pemain.

Eksperimen tersebut dilakukan oleh pelatih 54 tahun itu, saat Indonesia VS China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang bergulir di Qingdao Youth Football Stadium. 

Posisi starter tim yang terlalu sering diubah-ubah ini, membuat chemistry para pemain gagal terbangun, alhasil China berhasil comeback cetak keunggulan via serangan balik.

Namun yang tak kalah jadi sorotan adalah, keputusan STY dalam mengganti ban kapten dari semula Jay Idzes malah diganti kepada Asnawi Mangkualam. 

BACA JUGA:Netizen Indonesia Bersatu Puji Ketegasan Wasit Omar Al Ali yang Pimpin Laga China Vs Indonesia

Asnawi dikritik habis-habisan, gegara sering blunder dan kelamaan membawa bola, serta passing yang tidak akurat, dan acap kali membuat China memanfaatkan momentum blunder ini.

Belum lagi, kapten tim kesebelasan ini sering meninggalkan posisi di sektor bek belakang, ia seringkali maju ke tengah dan ke depan.

Alhasil, di belakang hanya ada Mees Hilgers yang susah payah menjaga lini belakang, belum lagi sebagai pemain diaspora berstatus debutan, chemistry antara Mees dan Jay dirasa masih kurang optimal.

Termasuk, coach Shin pula yang melakukan eksperimen terhadap posisi Mees, sehingga ia kerap kali kecolongan karena dia tidak memainkan posisi yang semestinya.

BACA JUGA:Usai Pimpin Laga China Vs Indonesia, Omar Al Ali di Banjir Pujian dari Netizen Indonesia, 'Respect'

Sebelumnya, selama Jay Idzes mengenakan ban kapten. Lini belakang Timnas indonesia tampil kokoh, terbukti dalam 3 laga di Kualifikasi Piala Dunia, hasil imbang selalu diraih tanpa adanya kekalahan. 

Rotasi atas pergantian ban kapten kesebelasan Timnas indonesia ini, menjadi sorotan dari pengamat sepakbola ternama tanah air Justinus Lhaksana, atas starting line uo yang sering diotak-atik.

Coach Justin sebagai sapaan akrabnya, ia menilai eksperimen STY terlalu ngaco, sebab pemain yang tampil bagus di laga sebelumnya, malah tidak diturunkan dalam line up sewaktu melawan China. 

Beberapa nama yang jadi sorotan bagi Coach Justin adalah kapten tim Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama. 

BACA JUGA:Alasan Keamanan, Bahrain Minta Laga Versus Indonesia Digelar di Luar Indonesia

Kategori :