Karma Pernah Tolak Indonesia, Malaysia Ditolak 8 Negara untuk Uji Coba di FIFA Matchday Oktober

Rabu 09-10-2024,11:52 WIB
Reporter : Dewi N
Editor : Dewi N

RADARINDRAMAYU.ID- Timnas Malaysia sedang dalam upaya menaikkan peringkat FIFA mereka di jeda Internasional bulan Oktober 2024. 

Namun Malaysia kesulitan mencari lawan untuk uji coba di jeda internasional ini. Harimau Malaya hanya akan memainkan 1 laga uji coba. Sedangkan tiap negara akan memainkan 2 pertandingan. 

membantu Malaysia mencari lawan untuk uji coba disebut-sebut karma karena dulu mereka pernah menolak Indonesia. Harimau Malaya saat itu menolak tawaran uji coba dari Indonesia. Saat ini FAM menerima penolakan dari sejumlah negara yang mengizinkan uji coba. 

Perkembangan Timnas Indonesia memang sedang pesat-pesatnya. Namun mundur pada tahun awal 2023, Indonesia sedang memasuki masa transisi yang sering dianggap remeh. Salah satunya Malaysia, yang waktu itu menolak undangan uji coba yang dibuat PSSI. 

BACA JUGA: Beredar Isi DM Kevin Diks, 'Tunggu Saya di Jakarta', Kode Keras Gabung Timnas Indonesia?

Malaysia pada waktu itu berada di ranking FIFA yang lebih baik dari Timnas Indonesia, yaitu di urutan 145 sedangkan indonesia di urutan 151 kala itu.

Indonesia sempat mengajukan tawaran uji coba melawan Malaysia. Namun tawaran itu selalu ditolak FAM selalu federasi sepak bola negeri Jiran. Salah satu hal yang menarik dari penolakan ini adalah pernyataan dari Ketua FAM Mohd Firdaus Mohamed.

Kala itu sang ketua menyebut bahwa pemain Indonesia berada di bawah standar level Asia. Menurutnya, hanya Vietnam dan Thailand lah yang memiliki standar level Asia. 

Pernyataan tersebut secara tidak langsung menegaskan harga diri Indonesia yang diam-diam sedang membangun kekuatan di bawah asuhan Pelatih Shin Tae-yong. 

BACA JUGA: Waduh! Erick Thohir Kenapa? Tiba-tiba Bilang: PSSI Harus Siap Saya Tinggalkan, Kapan Waktunya?

Selain menyebut Indonesia belum level Asia, FAM juga menolak uji coba karena peringkat Timnas Garuda yang berada di bawah Malaysia. FAM enggan melakukan uji coba dengan negara yang ranking FIFA nya di bawah mereka.

Meskipun presiden FAM Datuk Hamidun bin Mohd Amin sudah menyatakan kalau alasan Malaysia menolak uji coba melawan Indonesia karena jadwal yang sudah padat. Namun masyarakat tanah air sudah terlanjur sakit hati. 

Pada akhirnya, kini Timnas Indonesia berada di posisi yang lebih baik dengan peringkat FIFA yang sudah berada di atas Malaysia, yakni 129 sementara Malaysia di urutan 132.

Tak selang lama dari penolakan Malaysia untuk melakukan uji coba dengan Indonesia, siapa sangka Malaysia makin mengalami kemunduran. Seiring dengan itu, Malaysia mengalami berbagai Maslaah. Termasuk kesulitan mencari lawan saat di jeda internasional. 

BACA JUGA: Kevin Diks Berikan Kode OTW Jakarta Dalam Waktu Dekat? PSSI: Lihat Nanti

Kategori :