Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Eligible Bela Timnas Indonesia, Tuduhan China Terbukti Menyesatkan!

Senin 07-10-2024,08:39 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah eligible bisa membela Timnas Indonesia, tuduhan yang berisik di luar, sudah terbukti salah besar!

Tim nasional sepakbola China, melalui salah satu media ternama di sana 163.com, menyebutkan bahwa naturalisasi Hilgers dan Eliano merupakan bentuk kecurangan skuad Garuda.

Agak mengherankan, seolah-olah ingin menjegal pasukan merah putih, 163.com malah menuduh yang aneh-aneh dan berpendapat bahwa Indonesia bersekongkol dengan FIFA. 

Padahal kenyataannya, naturalisasi pemain FC Twente dan PEC Zwolle ini, sudah sah secara aturan dan pasal yang berlaku di Federasi Sepakbola Internasional, lalu buat apa China susah payah tuduh sana-sini?

BACA JUGA:Jumlah Penumpang Domestik di Bandara Kertajati Turun, Penerbangan ke Singapura Bisa Dongkrak Pamor BIJB

Bisa jadi, karena China takut dengan kekuatan Indonesia yang sekarang, makanya dilakukan upaya dan maksud tertentu, demi melemahkan dan mencoreng marwah Timnas Indonesia. 

Perlu diketahui, pasukan Shin Tae-yong akan tandang ke markas tirai bambu, dalam rangka kompetisi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang akan bergulir pada 15 Oktober mendatang. 

Timnas China yang diasuh oleh Branko Ivankovic, sekarang sudah turun mental, gegara 2 laga pertama langsung dihajar kekalahan beruntun, dari Jepang dan Arab Saudi. 

Makanya, karena dalam posisi kurang menguntungkan, Tiongkok ingin menyeret rivalnya agar bisa bernasib sama, termasuk Indonesia yang dituduh bermacam-macam isu sesat.

BACA JUGA:Terancam Batal Main? Media China Tuduh Mees dan Eliano Menyalahi Aturan Naturalisasi, Ini Tanggapan PSSI!

Yang jadi tuduhan utama media China 163.com dalam menyatakan Indonesia itu curang, adalah berdasarkan tempat pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. 

Pengambilan sumpah kedua pemain diaspora Garuda ini, dilaksanakan di luar Indonesia, yakni di KBRI Brussel, Belgia. Bukan di dalam negeri seperti pada umumnya. 

Kendati demikian, karena secara peraturan FIFA terkait naturalisasi dan alih kewarganegaraan sudah sah, makanya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dinyatakan Eligible bela Timnas Indonesia.

Hal itu didasari karena, garis keturunan Indonesia dari Hilgers dan Eliano sangat jelas, tidak lebih dari generasi ke-3, dan memiliki asal usul pendahulu yang valid sebagai bagian dari warga Indonesia. 

BACA JUGA:Legenda MU Sindir Mees Hilgers yang Tak Sabaran Memilih Indonesia Ketimbang Belanda: Emang Digaji Berapa?

Kategori :