Mimpi Malaysia Tiru Naturalisasi Indonesia Hancur! FIFA Tolak Mentah-Mentah Naturalisasi Mats Deijl

Selasa 01-10-2024,19:50 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID- Melihat kesuksesan pemain naturalisasi untuk timnas Indonesia, rupanya membuat Negeri Jiran tersebut juga melakukan hal yang serupa.

Mats Deijl seorang pemain klub Go Ahead Eagles dari Belanda tersebut memiliki ketertarikan untuk bergabung ke dalam tim harimau malaya tersebut.

Namun, dilansir dari Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) dari postingan instagramnya @famalaya memberitahukan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengonfirmasi bahwa pemain klub Go Ahead Eagles dari Belanda, Mats Deijl, tidak memenuhi syarat kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya.

Yang artinya FIFA tolak mentah-mentah naturalisasi Mats Deijl berdasarkan postingan dan isi surat yang dibacakan tersebut.

BACA JUGA:Naturalisasi Pemain Timnas Malaysia Gagal Total, FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl

Hal ini disebabkan, berdasarkan dokumentasi yang telah dilampirkan ditemukan bahwa pemain berusia 27 tahun tersebut hanya memiliki darah keturunan Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek atau neneknya, sebagaimana yang ditetapkan dalam syarat FIFA.

Sebelumnya, pemain ini telah menunjukkan minat untuk mewakili tim nasional Malaysia, dan FAM telah diberitahukan bahwa pemain ini memiliki darah keturunan Malaysia.

Oleh karena itu, sejak 27 Juni 2024, FAM telah dapat menghubungi secara resmi klub, agen, dan pemain itu sendiri untuk membahas kelayakannya bermain dengan tim nasional Malaysia.

Hasil pembicaraan, pemain ini telah memberikan dokumen-dokumen terkait silsilah keluarganya yang menunjukkan bahwa ia memiliki hubungan dengan negara Malaysia.

Termasuk akta kelahirannya, ayahnya, kakeknya (dari pihak ayah), serta konfirmasi kelahiran nenek moyangnya (dari pihak ayah) yang merupakan ibu dari kakek pemain tersebut.

BACA JUGA:Pribumi yang Jadi Bintang Dibina oleh Indra Sjafri, 3 Pemain Ini Justru Tidak Dilirik oleh Shin Tae-yong

Berdasarkan pemeriksaan, pemain ini memiliki darah keturunan Malaysia melalui nenek moyangnya (ibu dari kakek pemain) yang lahir di Singapura pada 24 Juni 1893, yang mana Singapura merupakan bagian dari Tanah Melayu pada waktu itu.

Dengan merujuk kepada Pasal 8 Peraturan yang Mengatur Permohonan Statuta FIFA terkait kelayakan mewakili tim nasional (Regulations Governing The Application Of The Statutes), setiap pemain dapat mewakili suatu negara jika pemain tersebut memenuhi syarat sebagai berikut:

Pertama, pemain tersebut lahir di negara tersebut atau kedua, ibu dan ayah pemain lahir di negara tersebut atau ketiga, kakek dan nenek pemain lahir di negara tersebut atau keempat, pemain tersebut tinggal di negara tersebut lebih dari lima tahun.

"FAM tetap berterima kasih kepada Mats Deijl atas minat dan tekad yang ditunjukkannya untuk berminat menjadi bagian dari timnas Malaysia. Sayangnya hal itu tidak bisa diwujudkan," tulis pihak FAM.

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Dukung Keputusan Indra Sjafri Tambah Amunisi Pemain Bagi Timnas U-20 'Kurang Lini Belakang'

Ditolaknya Mats Deijl untuk masuk menjadi bagian dari Harimau Malaya tentunya mendapatkan respon dari berbagai pihak, termasuk para penggemar dari timnas malaysia yang menyayangkan hal tersebut.

Kini Malaysia harus berputar otak kembali untuk mencari pemain naturalisasi terbaru dan menyaingi timnas Indonesia.

Kategori :