Memiliki Latar Belakang Yang Sama Dengan Maarten Paes, Ian Maatsen Akan Sulit Menjalani Proses Naturalisasi

Selasa 24-09-2024,11:38 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Salah satu calon pemain naturalisasi Ian Maatsen dikabarkan akan segera memperkuat lini bek timnas garuda terbaru.

Namun dalam naturalisasi Ian Maatsen ada beberapa kesamaan hingga latar belakang yang sama dengan kiper Timnas Maarten Paes.

Sehingga kemungkinan Ian Maatsen akan sulit menjalani proses naturalisasi karena kemiripan latar belakang yang dimilikinya dengan Maarten Paes.

Ian Maatsen, bek berbakat kelahiran Vlaardingen, Belanda, yang memiliki darah campuran Indonesia-Suriname, tengah menjadi sorotan dalam dunia sepak bola internasional.

BACA JUGA:Mirip Kasus Maarten Paes! Ian Maatsen Dikabarkan Tidak Mudah untuk Menjalani Naturalisasi

Pemain berusia 22 tahun ini baru-baru ini memperkuat Belanda U-21 dalam kualifikasi Euro U-21 2025 melawan Georgia.

Namun, posisinya di tim junior Belanda menimbulkan pertanyaan seputar masa depannya, terutama terkait kemungkinan dirinya bergabung dengan Timnas Indonesia.

Salah satu tantangan utama yang mungkin dihadapi Maatsen adalah regulasi FIFA terkait perpindahan asosiasi pemain.

Saat ini, FIFA mengatur bahwa seorang pemain yang telah tampil untuk timnas junior suatu negara setelah usia 21 tahun tidak dapat bermain untuk negara lain tanpa proses hukum yang panjang.

BACA JUGA:Tak Hanya Welber Jardim, 6 Pemain Ini Juga Dicoret Indra Sjafri dari Timnas Indonesia U-20 Piala Asia 2025

Situasi ini mirip dengan yang dialami Maarten Paes, kiper naturalisasi Indonesia. Paes pernah bermain untuk Belanda U-21 saat usianya sudah 22 tahun, yang memperlambat proses debutnya bersama Timnas Indonesia.

Paes, meski sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada April 2024, baru bisa tampil untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024.

Hal ini terjadi setelah urusan administrasi yang rumit diselesaikan melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Tantangan serupa mungkin akan dihadapi Ian Maatsen jika ia memilih jalur naturalisasi untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, mengingat ia juga bermain untuk Belanda U-21 saat usianya sudah melebihi batas yang ditentukan FIFA.

Di tengah ketidakpastian ini, perhatian publik sepak bola Indonesia semakin meningkat setelah akun Instagram resmi Oranje Indonesia kelompok penggemar Belanda di Indonesia mengunggah foto Ian Maatsen bersama Mees Hilgers, calon pemain naturalisasi Indonesia.

BACA JUGA:Respons Marc Klok Soal Suporter Rusuh Usai Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta, Simak Kata-katanya

"Selamat pagi dunia," tulis akun tersebut dengan gambar keduanya saat memperkuat Timnas Belanda U-21. Unggahan ini memicu spekulasi di kalangan penggemar apakah Maatsen akan dinaturalisasi untuk memperkuat Garuda atau justru tetap setia pada Timnas Belanda.

Dalam wawancara dengan Bein Sports, Maatsen mengungkapkan perasaannya yang campur aduk terkait situasinya. Dia mengakui kekecewaannya karena belum dilirik oleh Timnas senior Belanda. “Tentu saja ini mengecewakan. Saya berharap dipanggil ke tim [senior],” ujar Maatsen.

Namun, ia menegaskan tekadnya untuk terus bekerja keras dan membuktikan dirinya layak bermain di level tertinggi.

Masa depan Maatsen memang masih terbuka lebar, baik untuk memperkuat Timnas Belanda atau memilih jalur naturalisasi ke Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Kecam Aksi Ricuh Bobotoh, Persib Bandung Minta Polisi Usut Tuntas

Kategori :