Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Batal Naturalisasi? Pengambilan Sumpah WNI Ditunda Hingga...

Selasa 24-09-2024,20:25 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders batal naturalisasi? Kabarnya proses pengambilan sumpah WNI ditunda H-7 sebelum melawan Bahrain, apakah masih bisa?

Sebelumnya kedua pemain keturunan anyar ini akan diambil sumpah pada 23 September 2024, namun mendadak ada perubahan jadwal, dan juga sudah dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. 

Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, juga sudah membenarkan bahwa proses naturalisasi tetap berjalan, hanya pengambilan sumpah saja yang diundur atau ditunda.

Tak masalah jika diundur, yang jelas target Hilgers dan Eliano sudah sesuai, akan rampung semua prosesnya H-7 sebelum lawan Bahrain 10 Oktober 2024, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

BACA JUGA:Oknum Suporter Rusuh, Nick Kuipers Curhat: Kenapa Kita Tidak Aman Meski di Stadion Kita Sendiri?

Setelah datang ke tanah air per tanggal 6 September 2024, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, langsung disambut oleh Erick Thohir dengan diskusi dan sesi foto bersalaman. 

Setelah bersalaman, artinya proses naturalisasi sudah ada lampu hijau. Benar saja semua proses langsung dipercepat oleh Asosiasi Sepakbola Indonesia.

Mulai dari penandatanganan oleh presiden, diteruskan ke Kemenpora dan Mensesneg, hingga tembus ke rapat DPR RI Komisi III dan Komisi X, dan setelahnya ke Kemenkumham.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, juga sudah menyiapkan divisi khusus untuk mewakili proses naturalisasi dua pemain yang mentas di FC Twente dan PEC Zwolle. 

BACA JUGA:Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Akan Sumpah WNI pada 30 September 2024, Fiks Bisa Main Lawan Bahrain!

Yaitu, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) sudah ditugaskan untuk ke Belanda, guna mengawali pengambilan sumpah kedua pemain anyar ini.

Mengapa pengambilan sumpah dilakukan di luar Indonesia? Karena Hilgers dan Eliano tidak sempat untuk datang ke tanah air, lantaran jadwal klubnya yang sibuk di Eredivisie. 

Kabarnya, proses pengambilan sumpah akan dilaksanakan di Kantor Kedutaan Besar RI untuk Belanda di wilayah Den Haag. 

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders memiliki proses naturalisasi yang unik, sebab mereka berdua disumpah di luar negeri, yang biasanya pemain keturunan lain, akan disumpah di dalam negeri. 

BACA JUGA:Ole Romeny Fix Tidak Jadi Naturalisasi, Mauro Zijlstra Jadi Kandidat Kuat!

Kategori :