Graham Arnold Pelatih Australia Mundur Dari Jabatannya Sebagai Pelatih

Jumat 20-09-2024,14:50 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Pelatih Australia Graham Arnold mundur dari jabatannya sebagai pelatih dari The Socceroos setelah enam tahun menjadi pelatih.

Australia secara resmi mengumumkan perpisahan dengan Graham Arnold sebagai pelatih kepala tim nasional. Keputusan ini muncul setelah rentetan hasil kurang memuaskan yang didapat Socceroos dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dewan Direksi FA Australia menyetujui pengunduran diri Arnold, yang diambil setelah tim gagal meraih kemenangan penting di dua pertandingan awal kualifikasi.

Kegagalan pertama terjadi ketika Australia harus menerima kekalahan 0-1 dari Bahrain dalam laga kandang. Hasil tersebut mengejutkan banyak pihak, mengingat Australia secara tradisional merupakan salah satu kekuatan terbesar di sepak bola Asia.

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Menang Lawan Bahrain dan China, Apa Bisa Lewati Vietnam dan Thailand?

Setelah kekalahan tersebut, tekanan semakin meningkat ketika Australia gagal meraih kemenangan saat bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Pertandingan berakhir imbang 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September 2024.

Pertandingan melawan Indonesia menjadi momen krusial yang memperburuk posisi Arnold sebagai pelatih. Meskipun secara peringkat FIFA Australia berada di urutan ke-24 dan Indonesia di posisi 133, hasil di lapangan menunjukkan cerita yang berbeda.

Di atas kertas, Australia diunggulkan untuk menang mudah, namun kenyataan di lapangan membuktikan sebaliknya.

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat Naik Hingga 4 Peringkat, OTW Salip Vietnam dan Thailand

Timnas Indonesia, dengan performa solid, berhasil menahan Socceroos tanpa gol, membuat publik Australia semakin kecewa.

Kekecewaan itu tercermin dari banyaknya kritik yang mengarah kepada Arnold setelah pertandingan tersebut. Banyak penggemar sepak bola Australia yang menganggap bahwa tim mereka seharusnya mampu meraih hasil maksimal di kedua laga awal kualifikasi tersebut.

Tekanan dari berbagai pihak, termasuk media dan penggemar, mendorong Arnold untuk mengambil keputusan mundur dari jabatannya.

Graham Arnold sendiri adalah pelatih terlama dalam sejarah sepak bola Australia, namun perjalanan panjangnya sebagai pelatih kepala Socceroos harus berakhir dengan kekecewaan.

BACA JUGA:Selip Jauh Ranking Malaysia! Ini Ranking Timnas Indonesia FIFA Terbaru! OTW Lewati India dan Niger!

Pengunduran diri Arnold diumumkan sekitar sepuluh hari setelah hasil imbang melawan Indonesia.

Keputusan ini juga menandakan bahwa Australia akan segera mencari pelatih baru untuk mempersiapkan diri menghadapi sisa pertandingan kualifikasi yang akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang.

Sudah ada tujuh pelatih yang memutuskan meninggalkan timnya setelah menghadapi Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong

-Vitezslav Lavicka (Kuwait)

Kategori :