PSSI Upayakan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Bermain di Kualifikasi Pildun Melawan Bahrain dan China

Senin 16-09-2024,14:30 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Ketua umum PSSI Erick Thohir mengkonfirmasi bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dikabarkan akan segera bermain di kualifikasi Piala Dunia melawan Bahrain dan China.

Hal ini disampaikan Erick Thohir final sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 antara DKI Jakarta melawan Jawa Barat di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Tanggal 20 sampai 24 September kami masih ada waktu 4-5 hari untuk coba me-register," kata Erick dikutip dari Antara.

"Karena kalau lewat dari tanggal 24, mereka tidak bisa main pada Oktober," ucapnya.

BACA JUGA:Mauro Zijlstra Akui Sedang Urus Dokumen Penting, Kode Datang ke Indonesia?

"Kami tunggu minggu depan rencana DPR akan men-support. Pak Presiden sudah tanda tangan, Pak Menpora, Pak Supratman Menkumham sudah," kata Erick. "Rencana DPR akan tanggal 17 nanti, lalu 19 paripurna," tuturnya.

Erick Thohir menyampaikan harapan besarnya agar proses ini bisa segera selesai sehingga kedua pemain dapat segera bergabung dengan tim.

"Kami berharap seluruh proses administrasi di DPR bisa segera diselesaikan," ujar Erick Thohir. Dengan keyakinan penuh, ia optimistis bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat memperkuat Timnas Indonesia pada pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober mendatang.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan bahwa proses administrasi sudah sampai pada tahap yang signifikan. Surat permohonan naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah mendapatkan tanda tangan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

BACA JUGA:Bahrain Tidak PD, Menghadapi Timnas Indonesia Ketakutan di Bulan Depan Kualifikasi Piala Dunia Asia 2026

"Menpora dan Mensesneg sudah menandatangani surat tersebut, dan hari ini Pak Presiden akan memberikan persetujuannya," ungkap Erick.

Setelah Presiden Joko Widodo menandatangani surat permohonan tersebut, proses akan berlanjut ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Di DPR, permohonan naturalisasi ini akan dibahas oleh Komisi X dan Komisi III. Erick berharap pembahasan di DPR bisa berjalan lancar dan cepat sehingga pada 10-15 Oktober 2023 ,Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah bisa tampil memperkuat Timnas Indonesia dalam laga melawan Bahrain dan China.

Kedua pertandingan tersebut menjadi bagian dari laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sangat penting bagi Indonesia.

BACA JUGA:Gelar Dialog Interaktif, Cabup Bambang Hermanto Pastikan Kesejahteraan Guru dan Masyarakat Terpenuhi

Setelah pembahasan di DPR, tahap akhir dari proses naturalisasi ini adalah penerbitan Surat Keputusan Presiden (Keppres). Surat ini akan mengesahkan status kewarganegaraan Indonesia bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Proses berikutnya mencakup pengambilan sumpah kedua pemain sebagai WNI, pembuatan dokumen identitas Indonesia, serta pengurusan perpindahan federasi sepak bola mereka dari KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) ke PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

Kategori :