6 Bahan Alami Pengusir Tikus dari Rumah Yuk Simak Selengkapnya

Minggu 01-09-2024,10:16 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.COM- Tikus adalah salah satu hewan hama yang sangat merugikan bagi manusia, hewan ini seringkali ditemukan di berbagai tempat, sawah,saluran irigasi bahkan di dalam rumah.

Banyak orang mengusir hewan hama ini dengan cara menggunakan bahan bahan kimia berbahaya, namun ada beberapa cara yang mudah dan praktis tanpa bahan kimia.

Mengusir tikus secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan aman bagi lingkungan serta kesehatan keluarga.

Berikut ini adalah enam bahan alami yang pengusir tikus berdasarkan beberapa sumber:

BACA JUGA:Ya Ampun! Ada Geng WNI di Jepang, Kelompok Pemulih Harga Diri: Kami Sekumpulan Oknum, Bukan Pembuat Onar

-Peppermint Oil

Minyak peppermint terkenal karena aroma kuatnya yang tidak disukai tikus. Anda dapat menggunakan bola kapas yang direndam dalam minyak peppermint dan menempatkannya di area yang sering dilalui tikus. Aroma mint yang menyengat akan membuat tikus enggan mendekat.

Minyak ini perlu diaplikasikan ulang setiap beberapa hari untuk menjaga keefektifannya​

-Lemongrass

Serai bukan hanya bahan masakan yang populer, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus. Anda bisa menanam serai di sekitar rumah atau menggunakan minyak serai yang dicampur air sebagai semprotan di area yang sering didatangi tikus. Aroma citrus yang dihasilkan serai sangat tidak disukai tikus

Bawang Putih dan Bawang MerahAroma tajam dari bawang putih dan bawang merah juga bisa menjadi penghalang alami bagi tikus.

Anda hanya perlu memotong atau menghancurkan bawang putih dan bawang merah, lalu menaruhnya di area yang sering didatangi tikus.

BACA JUGA:Maarten Paes Tidak Sabar Main Bersama Timnas Indonesia di Ajang Kualifikasi Piala Dunia 'Hormat untuk Nenek'

Ganti potongan bawang setiap beberapa hari untuk menjaga efektivitasnya​.

-Mothballs (Kamper)

Kamper sering digunakan untuk melindungi pakaian dari ngengat, tetapi juga efektif dalam mengusir tikus. Tikus tidak suka dengan bau kamper yang kuat.

Kategori :