Kapten Timnas Vietnam Terima Hujatan, Setelah Pernyataannya Mengenai Indonesia di Piala AFF 2024 Nanti!

Kamis 29-08-2024,05:53 WIB
Reporter : Andika Satria
Editor : Andika Satria

RADARINDRAMAYU.COM - Kualitas Timnas Indonesia saat ini telah jauh melampaui para rivalnya di ASEAN, termasuk Thailand dan Vietnam, yang performanya dinilai menurun.

Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh kehadiran pemain naturalisasi dari Eropa, yang semakin memperkuat Skuad Garuda.

Dalam persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan September mendatang, fokus utama Timnas Indonesia adalah memaksimalkan persiapan baik dari segi teknis maupun non-teknis.

Di samping itu, Timnas Indonesia juga harus menghadapi tantangan lain, yakni Piala AFF 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada Desember hingga Januari nanti.

BACA JUGA:KPUD Indramayu Terima Berkas Pendaftaran Pasangan Nina-Tobroni

Untuk ajang ini, PSSI berniat menurunkan Skuad Garuda Muda yang akan dilatih oleh Indra Sjafri.

Kontroversi Pernyataan Kapten Timnas Vietnam

Meskipun Skuad Muda Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2024, pernyataan dari Kapten Timnas Vietnam, Do Hung Dung, telah memicu kontroversi.

Dalam sebuah wawancara dengan media TV Vietnam, Do Hung Dung menyatakan bahwa ia lebih memilih bertemu Thailand di final Piala AFF 2024 dibandingkan Indonesia. 

"Saya akan memilih melawan Thailand jika lolos ke final Piala AFF 2024 mendatang. Indonesia dan Thailand kini hampir sama kuatnya," ungkap kapten berusia 30 tahun tersebut.

BACA JUGA:Vietnam Hujat Perkembangan Timnas Indonesia yang Didasari Pemain Naturalisasi, Jepang: 'Indonesia Naik Level'

"Alasan saya memilih Thailand karena saya ingin lebih punya peluang menang," tambahnya.

Komentar ini seolah menunjukkan pengakuan bahwa level Timnas Indonesia telah meningkat signifikan.

Do Hung Dung menyadari bahwa Indonesia kini menjadi salah satu lawan yang lebih tangguh dibandingkan sebelumnya, sebagaimana terbukti dari beberapa hasil pertandingan terakhir.

Di Piala Asia, Vietnam kalah 1-0 dari Indonesia, serta dalam Kualifikasi Piala Dunia dengan skor 1-0 dan 3-0. Bahkan, di level U-16, Vietnam juga kalah telak dengan skor 5-0.

Kategori :