Hari Ini Anggota DPRD Kota Cirebon 2024-2029 Dilantik Selasa, Ada 23 Wajah Lama dan 12 Wajah Baru

Selasa 20-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Andi Azis Mutharom
Editor : Leni indarti hasyim

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Hari Selasa (20/8/2024), 35 anggota DPRD Kota Cirebon periode 2024-2029 dilantik. Dari 35 orang tersebut, 23 wajah lama atau petahana. Sementara 12 lainnya wajah baru.

Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Cirebon yang dlantik ini merupakan hasil Pemilu 14 Februari 2024. Prosesi pengucapan sumpah dan janji jabatan dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD.

Kepastian ini didapat setelah Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Masa Jabatan Periode 2024-2029 telah diterima Sekretariat DPRD Kota Cirebon.

SK tersebut bahkan dijemput ke Bandung oleh tim Sekretariat DPRD Kota Cirebon pada Minggu, 18 Agustus. Dengan demikian, anggota DPRD periode yang baru ini tinggal menunggu prosesi pelantikan saja untuk bisa resmi menjabat sebagai wakil rakyat lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Nama Sama, Rekomendasi PDIP Menyusul

Senin kemarin (19/8/2024), telah dilakukan gladi bersih prosesi pengucapan sumpah jabatan. Hari ini, dalam pelaksanaannya, prosesi pengucapan sumpah bakal dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cirebon.

Sekretaris DPRD Kota Cirebon Siti Solecha mengatakan rencananya pelantikan anggota DPRD periode yang baru ini dimulai jam 09.00 pagi. “Insya Allah pagi dimulai jam 09.00. Untuk SK sudah kami terima. Kemarin (minggu) dijemput langsung ke Bandung," ujarnya.

Semua anggota DPRD terpilih yang nama-namanya sudah tercantum Dalam SK Gubernur tersebut, wajib mengikuti prosesi pelantikan sebagai syarat untuk bisa menjalankan hak dan kewajibannya sebagai anggota DPRD.

Jika ada yang berhalangan karena sesuatu hal, maka anggota dewan terpilih yang belum mengucap sumpah janji jabatan, mesti melakukan pengucapan sumpah jabatan susulan dalam forum Rapat Paripurna yang dipimpin pimpinan DPRD definitif, yang waktunya mungkin belum bisa diperkirakan.

BACA JUGA:PKB Resmi Rekomendasi Nina Agustina dengan Tobroni di Pilkada Indramayu 2024

Pasalnya, setelah prosesi pelantikan ini, lembaga DPRD Kota Cirebon akan dipimpin oleh dua orang pimpinan DPRD sementara. Untuk peresmian pengangkatan pimpinan definitif, kembali harus diusulkan lewat SK Gubernur Jawa Barat.

Ketua DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 Ruri Tri Lesmana mengatakan pelantikan DPRD masa bakti tahun ini mengalami kemunduran jadwal, sehingga baru bisa dapat dilaksana hari ini.

"Sekarang (Senin) gladi bersih dan besok (Selasa) anggota DPRD periode yang baru dilantik. Pelantikan ini ada kemunduran. Harusnya minggu-minggu kemarin sudah dilaksanakan," ujar Ruri.

Ia menyebutkan, dari 35 anggota DPRD terpilih, beberapa dari kalangan anak muda atau milenial. “Ya sebagain anggota DPRD yang baru ini ada beberapa dari kalangan anak muda,” ungkapnya.

BACA JUGA:Lakalantas Mobil Box dan Trailer di Jalan Pantura Kiajaran Wetan

Kategori :