Keunikan Budaya dan Sejarah Cirebon jadi Daya Tarik Puluhan Turis Amerika -Kanada

Kamis 08-08-2024,13:00 WIB
Reporter : KHOIRUL ANWARUDIN
Editor : Leni indarti hasyim

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Puluhan turis mancanegara asal Amerika Serikat dan Kanada berkunjung ke Cirebon, Rabu (7/8/2024). Mereka berkunjung untuk melihat keunikan budaya dan sejarah Cirebon.

Ya, sebanyak 72 turis itu datang ke Indonesia dengan kapal pesiar mewah dengan tujuan akhir mengunjungi Bali.

Di Cirebon, mereka singgah di Pelabuhan Cirebon untuk kemudian berkeliling ke sejumlah destinasi wisata unggulan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Kota Cirebon merupakan bagian dari strategi promosi yang bertujuan memperkenalkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia, khususnya di Cirebon.

BACA JUGA:Pj Bupati Cirebon akan Kumpulkan Kepsek, Guru, dan Orang Tua Siswa Terkait Kasus Tawuran Pelajar

“Kami memanfaatkan kesempatan ini, menunjukkan kepada turis bahwa Cirebon memiliki kekayaan budaya yang melimpah dan masih melestarikan tradisi leluhur yang mungkin sudah jarang ditemukan di negara mereka,” ujarnya.

Salah satu destinasi wisata yang dikunjungi adalah Keraton Kacirebonan. Di sana mereka terlihat sangat antusias saat mempelajari seluk-beluk budaya lokal yang masih terawat hingga sekarang.

Kemudian, mereka juga berkesempatan untuk mencicipi kuliner khas Cirebon, yakni empal gentong.

“Rata-rata para turis ini mengaku puas setelah melihat-lihat keunikan budaya, tradisi, serta kesenian yang ditampilkan di Keraton Kacirebonan," ujar Agus Sukmanjaya.

BACA JUGA:Begini Tanggapan Dedi Wahidi tentang Baliho Ady Setiawan yang Dicabuti

Dia berharap, dengan adanya kunjungan ini, turis asing itu dapat membagikan pengalaman mereka melalui media sosial sehingga bisa memperluas jangkauan promosi pariwisata Cirebon ke luar negeri.

Terlebih dengan kemudahan teknologi saat ini, Ia berharap bahwa turis asing ini akan membagikan pengalaman mereka ketika singgah di Keraton Kacirebonan kepada jaringan mereka.

Terlebih, Disbudpar Kota Cirebon sendiri telah menargetkan bisa mendatangkan sekitar 4 juta kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon sampai akhir tahun 2024.

Ia berharap promosi budaya akan menjadi pondasi utama dalam menarik minat para turis asing. Sebab, dengan pendekatan ini Kota Cirebon bisa optimalkan potensi wisata yang dapat dinikmati oleh turis dari berbagai belahan dunia.

BACA JUGA:Menikmati Rumbah Darinih, Sensasi Asam dan Pedas Menyatu

Kategori :