WBTB Jadi Atraksi Tarik Minat Wisatawan, Pemprov Jabar Tetapkan 54 Karya Budaya

WBTB Jadi Atraksi Tarik Minat Wisatawan, Pemprov Jabar Tetapkan 54 Karya Budaya

MILIK JABAR: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima surat ketetapan 19 warisan budaya tak benda asal Jabar dari Kemendikbudristek RI.-Pemprov Jabar-RADAR INDRAMAYU

BANDUNG, RADARINDRAMAYU.COM - Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyumbang warisan budaya tak benda (WBTB) terbanyak di Indonesia. Dari 54 karya budaya yang ditetapkan pada tahun 2023, sebanyak 19 budaya sudah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pada tahun lalu Jawa Barat diakui dengan jumlah warisan budaya terbanyak yang mendapatkan pengakuan dan sertifikat. Mulai dari tari-tarian, musik dan lainnya. Ia mengaku, selama menjabat sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, sudah 81 total ekspresi budaya yang mendapatkan pengakuan.

Ridwan Kamil menyebutkan, Jawa Barat sangat kaya akan budayanya. Bahkan, tari topeng Cisalak yang berasal dari Kota Depok menjadi salah satu yang diakui dari 19 warisan tak benda. “Tari topeng Cisalak yang cikal bakal tari topeng Betawi juga di Jakarta. Jadi sebegitu kaya budaya Jawa Barat," ucap RK.

Karena itu, ia berpendapat bahwa Jawa Barat memiliki keberagaman budaya sehingga diharapkan bisa membuat penyeimbang kehidupan. "Jadi sebegitu kaya budaya Jawa Barat. Mudah-mudahan semuanya mengapresiasi agar kebudayaan ini terus berkembang sebanyak-banyaknya agar hidup seimbang," kata Kang Emil.

BACA JUGA:Marak Travel Bodong, Harum Tours Siap Layani Jemaah Haji dan Umrah

BACA JUGA:Penbangunan Mal Indramayu Segera Dilanjutkan? Semoga Saja!

Ia mengajak masyarakat Indonesia berwisata ke berbagai destinasi Jawa Barat. “Jawa Barat banyak destinasinya. Tidak usah selalu mahal. Ada kebun teh, ada jalan sehat, naik sepeda, naik motor. Mari kita piknik," ujarnya.
Sementara itu, pada bulan Februari 2023 lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru saja menetapkan 54 karya budaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Penetapan ini diumumkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar bersama Tim WBTB Jawa Barat, Selasa 28 Februari 2023.

“Alhamdulillah kita bisa menetapkan WBTB Jawa Barat sebanyak 54 yang sudah ditetapkan dan tentunya penetapan ini menjadi salah satu bagian terpenting bagi kita untuk menjaga dan melestarikan karya budaya,” ucap Benny Bachtiar.

Tahun ini 54 karya budaya yang ditetapkan terdiri dari 31 karya budaya hasil sidang penetapan WBTB Jabar dan 23 karya budaya lainnya dari pencatatan WBTB Jabar Indonesia. Rekomendasi penetapan yang disampaikan kepada Kadisparbud Jabar ini menjadi dasar bagi pengusulan untuk menjadi WBTB Indonesia Tahun 2023. (and)

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Perpustakaan Keliling

BACA JUGA:DAM Buka Kembali Pendaftaran AHM Best Student 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: