PUSPA dan TOGA Ber QR Code

PUSPA dan TOGA Ber QR Code

Bupati Indramayu Nina Agustina tengah mencoba aplikasi QR Code pada Pusat Pangan (Puspa) dan Tanaman Obat Keluarga (Toga)dan -istimewa-

                      TOGA DAN PUSPA BER QR CODE

Oleh

 

Hj. Eti Herawati, M.Pd

Kepala Bidang Pembinaan SMP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Indramayu

 

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Bupati  Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA membuat terobosan melalui kebijakan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan daya beli masyarakat Indramayu dengan membuat program yang bernama Puspa (Pusat Pangan).

Program Puspa dimulai dengan menanam cabai, tomat dan jenis sayuran lainnya juga adanya budidaya ikan lele, mujair dan nila.  Program ini sangat bagus sekali sebagai upaya peningkatan   kemandirian pangan yang diprogramkan oleh pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Indonesia Ir H Joko Widodo.

Selain upaya peningkatan ketahanan pangan, juga sudah ada upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga melalui program Tanaman Obat Keluarga (Toga). Tanaman obat keluarga merupakan tanaman yang ditanam di halaman rumah untuk keperluan pengobatan secara  tradisional seperti mengatasi masuk angin, demam, sakit kepala, flu dll.

Puspa dan Toga   menjadi perhatian serius Bupati Indramayu untuk dilaksanakan oleh seluruh Organisasi Perangat Daerah (OPD)  yang ada di Kabupaten Indramayu.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu OPD di Kabupaten Indramayu menyambut antusias kebijakan Bupati Indramayu dengan melakukan inovasi pelaksanaan program Puspa dan Toga ber QR code.

BACA JUGA:Warga Desa Bulak Jatibarang Gelar Mapag Sri untuk Sambut Masa Panen

BACA JUGA:Pegawai Rutan Bandung Cetak Prestasi di Dunia Internasional

Tujuan inovasi ini adalah sebagai wahana edukasi sekaligus penyediaan informasi yang akurat kepada masyarakat luas khususnya para siswa di lingkungan sekolah, tentang aplikasi QR code sebagai media berbasis ICT yang dikembangkan sebagai alat pemindai yang sangat cepat untuk mengetahui jenis-jenis tanaman Toga dan Puspa.

Jadi melalui QR code, dengan mudah dan cepat akan mengetahui jenis tanaman beserta bahasa latinnya, serta kandungan dan manfaat dari tanaman yang disediakan di lingkungan sekolah.

Program Puspa dan Toga ber QR code yang terdapat di sekolah, juga berfungsi sebagai laboratorium hidup guna pelaksanaan Puspa dan Toga di rumah masing-masing siswa.

Pelaksanaan program Puspa dan Toga ber QR code di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu juga sudah mendapat apresiasi dari Bupati Indramayu.

Bupati bahkan memerintahkan untuk mendesiminasikan program kepada seluruh OPD, diantaranya sudah dilaksanakan kepada Dinas Pertanian dan 31 Kecamatan se Kabupaten Indramayi melalui Tim Penggerak PKK  Kabupaten Indramayu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: