Jelang Proyek PPB, Polytama Bersama Calon Kontraktor EPC Lakukan Pre-Bid Meeting dan Site Visit

Jelang Proyek PPB, Polytama Bersama Calon Kontraktor EPC Lakukan Pre-Bid Meeting dan Site Visit

Proyek PPB, Polytama Bersama Calon Kontraktor EPC Lakukan Pre-Bid Meeting dan Site Visit--

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Mendukung instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait optimalisasi industri petrokimia di tanah air untuk menekan kebutuhan impor bahan petrokimia dalam negeri, Polytama akan memulai Proyek Polypropylene Plant Balongan (PPB), sebagai upaya penambahan kapasitas produksi resin Polypropylene (PP) dalam negeri.

Proyek ini adalah proyek pembangunan Plant PP kedua dengan kapasitas terpasang sebesar 300,000 KTA.

Polytama bersama para peserta lelang atau calon EPC Contractor Proyek PPB melakukan kegiatan Pre-Bid Meeting & meninjau secara langsung ke lokasi proyek dan Plant Existing, Rabu 5 April 2023.

Kunjungan ini dimaksudkan guna melihat lokasi proyek yang akan dilakukan pembangunan/pengembangan pabrik Polypropylene yang baru.

BACA JUGA:Kenali Lokasi Jalanan yang Licin dan Berpotensi Bahaya

BACA JUGA:Penyusunan DPS Dinilai Bermasalah, Bawaslu Berikan Saran Perbaikan

Agenda Pre-Bid Meeting dan Site Visit dilakukan selama 3 hari  mulai dari tanggal 4 – 6 April 2023 dengan di hadiri oleh 40 peserta calon Kontraktor EPC Proyek PPB yang dilaksanakan di Hotel Patra Cirebon.

Pada kegiatan Pre-Bid meeting, para Kontraktor EPC/bidder diberikan penjelasan tentang lingkup proyek dan tanya jawab pada sesi hari terakhir.

Sesi site visit yang diadakan di hari kedua dari rangkaian kegiatan juga mengajak calon Kontraktor EPC/bidders untuk tak hanya meninjau langsung area proyek, namun juga ke area Plant Existing dikarenakan lokasi proyek yang nantinya akan dibuat adalah terintegrasi dengan plant yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, rombongan calon Kontraktor EPC/bidder juga mengunjungi fasilitas jetty Pertamina RU-VI yang merupakan salah satu sarana untuk membawa peralatan maupun material kebutuhan proyek melalui Laut/Kapal.

BACA JUGA:KPU Indramayu Tetapkan DPS Pemilu 2024 Sebanyak 1.387.296 Pemilih

BACA JUGA:Pesantren Ramadhan Lansia, Tempat Para Lansia Mengisi Bulan Ramadhan dan Belajar Membaca Al Qur’an

Kunjungan ini diikuti oleh 4 (empat) peserta lelang/Kontraktor EPC yang merupakan Konsorsium Perusahaan Asing dan Perusahaan Dalam Negeri. Dari internal PT Polytama Propindo diikuti oleh wakil dari fungsi PMO, Engineering, Finance, HC & Corporate Secretary dan perwakilan dari PT Pertamina (Persero) sebagai pihak project sponsor.

“Kita akan melanjutkan tahapan pembangunan Proyek PPB ini dan diharapkan dapat berjalan lancar, sehingga keberadaan Proyek PPB tidak hanya memberikan manfaat bagi kemajuan bisnis Polytama, namun juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat dan Pemerintah Derah Indramayu, seperti penyerapan tenaga kerja lokal, mendorong perekonomian derah, pertumbuhan industri baru dan peningkatan pendapatan daerah, ” kata Burhanudin selaku Project Director Polytama ketika dijumpai pada kegiatan tersebut.

Seperti diketahui, Polytama yang merupakan entitas anak usaha dari PT Tuban Petrochemical Industries yang juga dimiliki oleh PT Pertamina (Persero),  secara tidak langsung menjadi entitas anak usaha PT Pertamina (Persero), menciptakan sinergi dari berbagai sisi seperti efisiensi operasi dan rantai nilai antara PT Pertamina (Persero), PT Tuban Petrochemical Industries, dan Polytama.

Kebijakan ini juga memantapkan Polytama untuk menjadi pendukung hilirisasi perusahaan induk yaitu PT Pertamina (Persero) pada industri petrokimia. Produk Polytama yaitu Polipropilena (PP) merupakan produk petrokimia yang relatif lebih ramah lingkungan dibandingkan produk-produk petrokimia lainnya, sehingga permintaannya cenderung meningkat dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Tiket Mudik di Stasiun KA Cirebon Masih Berlimpah. Baru 25 Persen Terjual

BACA JUGA:Aplikasi Reunite Ukraine Khusus Diluncurkan Ukraina untuk Temukan Anak-anak Korban Perang

Sebagai bagian dari aset stratProyek PPB, egis nasional, Polytama juga berkomitmen untuk berkontribusi dalam mengurangi impor produk PP, diantaranya dengan merencanakan ekspansi melalui Proyek PPB dan memenuhi kebutuhan aplikasi domestik ke depannya yang terus berkembang.

“Jadi tahapan aanwijzing dan site visit proyek polypropylene plant balongan ini merupakan tahapan penting bagi proses tender. Kami mohon doa restunya supaya perjalanan proses pengadaan berjalan lancar sampai nanti kegiatan tahap EPC dan dilanjutkan tahap operasional dapat terlaksana dengan baik, sesuai jadwal yang ditetapkan dan aman," harapnya.(oet)

BACA JUGA:Pengakuan Korban Begal Motor : Diancam dengan Golok Panjang, Diteriaki “Tembak…!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: