Kenali Lokasi Jalanan yang Licin dan Berpotensi Bahaya

Kenali Lokasi Jalanan yang Licin dan Berpotensi Bahaya

Pengendara motor harus mengenali lokasi jalanan yang licin dan berpotensi bahaya--

RADARINDRAMAYU.ID - Selalu berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi bahaya menjadi suatu keharusan saat kita berkendara menggunakan sepeda motor. Gunakan selalu perangkat keselamatan berkendara untuk meminimalisir terjadinya kerugian akibat kecelakaan.

Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma menjelaskan, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengendara adalah jalanan yang licin, entah itu karena cairan atau partikel pasir yang membuat kita tidak bisa mengendalikan sepeda motor secara stabil dan berpotensi tergelincir.

Berikut ini adalah tanda lokasi atau area jalanan yang biasanya licin dan harus diwaspadai atau diharuskan untuk selalu hati-hati saat melewatinya, diantaranya :

Jalanan Menikung Saat Hujan

Saat hujan, air biasa menggenang di permukaan jalanan. Tikungan jalanan kerap menjadi titik terjadinya kecelakaan, maka ketika melewatinya diharuskan untuk menurunkan kecepatan dan jangan terlalu miring. Atur putaran gas dan pengereman dengan baik supaya tidak tergelincir.

BACA JUGA:Aplikasi Reunite Ukraine Khusus Diluncurkan Ukraina untuk Temukan Anak-anak Korban Perang

BACA JUGA:Pengakuan Korban Begal Motor : Diancam dengan Golok Panjang, Diteriaki “Tembak…!”

Baik itu jalanan aspal maupun beton sebenarnya sama saja. Tergantung kondisi ban dan pengendalian kita sebagai pengendara yang harus bisa menguasai teknik berkendara yang baik saat berkendara, terutama saat kondisi hujan.

Area Parkir Atau Garasi

Bukan hanya di jalanan, Potensi motor tergelincir karena licin juga bisa terjadi saat kita masih berada di area parkir atau garasi yang menggunakan keramik sebagai lantai yang jika dalam kondisi basah, maka sering licin saat melewatinya.

Tak hanya lantai keramik, permukaan beton yang sering tergenang air juga sering menimbulkan lumut yang jika kita melindasnya maka akan membuat motor sulit dikendalikan dan tergelincir.

Area Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU)

Saat keluar masuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) kita diharuskan berhati-hati, terutama SPBU yang juga melayani pengisian kendaraan besar seperti Bus dan Truk, karena biasanya terdapat ceceran bahan bakar Solar di permukaan aspal yang sangat licin ketika terlindas oleh ban sepeda motor.

Selain SPBU, yang harus diwaspadai karena berpotensi terdapat ceceran solar adalah area sekitar pabrik, bengkel atau garasi yang banyak terdapat kendaraan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: