Asyik! Jalan Tol Cisumdawu Bakal Dibuka Per 15 April 2023

Asyik! Jalan Tol Cisumdawu Bakal Dibuka Per 15 April 2023

Jalan Tol Cisumdawu siap layani para pemudik.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com--

JAKARTA, RADARIBDRAMAYU.ID - Asyik 15 April 2023, jalan tol Cisumdawu akan mulai beroperasi agar bisa digunakan sebagai jalur mudik Lebaran 2023. 

 Menteri Perhubungan Ri Budi Karya Sumadi menyampaikan      beroperasinya jalan tol Cisumdawu,  pada keterangan pers selepas rapat terbatas persiapan arus mudik di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023. 

Meski begitu, Menhub mengaku bahwa kebijakan fungsional Tol Cisumdawu tersebut berada di tangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Perlu diketahui, Jalan Tol Cisumdawu merupakan akses jalan bebas hambatan yang menghubungkan Bandung hingga Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. 

BACA JUGA:615 Orang Diamankan Dalam Operasi Pekat Polres Indramayu, 81 Orang Resmi Tersangka

BACA JUGA:Ada Sholat Tarawih Kilat 6 Menit di Indramayu, Ini Tanggapan Ketua MUI

"Tetapi fungsional hampir bisa dipastikan, tentu nanti ada dinamika mundur 1-2 hari itu ada," kata Budi Karya. 

Selain bisa dimanfaatkan untuk menunjang arus mudik Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 Hijriah, Budi Karya mengungkapkan bahwa pihaknya memang memiliki kepentingan lain atas operasional Tol Cisumdawu yakni untuk meningkatkan volume Bandara Kertajati.  

Menhub mengaku sejak awal telah ditugasi Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung Bandara Kertajati sebagai alternatif dari bandara internasional di Indonesia. 

Sedangkan di Jawa Barat diketahui Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, memiliki landasan yang terbilang pendek. 

BACA JUGA:TPS Khusus Al Zaytun, Tunggu Keputusan KPU RI

BACA JUGA:Polres Indramayu Musnahkan Barang Bukti Miras, Narkotika, dan Knalpot Bising

"Sekarang ini Kertajati dengan panjang kurang lebih 3.000 meter dan dibuktikan bahwa pesawat kargo Antonov bisa mendarat di sana," katanya.  

Menhub merujuk pada keberhasilan pendaratan perdana pesawat Antonov AN124-100 mendarat di Bandara Kertajati pada Rabu 22 Maret 2023 kemarin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: