Momentum Hari Sumpah Pemuda, GP Ansor Indramayu Menjawab Tantangan di Era Modern

Momentum Hari Sumpah Pemuda, GP Ansor Indramayu Menjawab Tantangan di Era Modern

Gus Ulin (kiri) dalam sebuah acara kepemudaan yang diadakan GP Ansor, beberapa waktu lalu. --radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Hari Sumpah Pemuda, yang diperingati setiap 28 Oktober, menjadi momentum penting untuk mengevaluasi peran generasi muda dalam pembangunan bangsa, termasuk di Kabupaten Indramayu. 

Ulinniam, atau akrab disapa Gus Ulin, sebagai Ketua GP (Gerakan Pemuda) Ansor Kabupaten Indramayu, menekankan bahwa pemuda saat ini memiliki tanggung jawab besar dalam menghadapi berbagai tantangan di era modern.

Gus Ulin menjelaskan bahwa GP Ansor, sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama (NU), memiliki peran strategis dalam menyiapkan pemuda untuk masa kini dan mendatang. 

Dengan jumlah anggota yang besar dan semangat juang yang tinggi, GP Ansor Indramayu berpotensi menjadi motor penggerak perubahan positif. 

"Kita harus mengedepankan pendidikan formal dan memperdalam ilmu agama, terutama nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah," ungkapnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kapolres Indramayu Ajak Pemuda Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Selain itu, Gus Ulin menekankan pentingnya penguatan soft skills dan penguasaan teknologi. 

Generasi muda juga diharapkan membangun jejaring yang kuat, agar mampu berkontribusi dalam berbagai aspek pembangunan. 

"Mencintai tanah air dan menjaga persatuan bangsa adalah fondasi utama bagi kita," lanjutnya.

Namun, tantangan tidak sedikit. Gus Ulin menyebutkan beberapa masalah yang perlu diwaspadai, seperti radikalisme, individualisme, dan kemerosotan moral. 

"GP Ansor (Pemuda NU) harus waspada terhadap paham radikal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga perlu menghindari sikap individualistis dan lebih mengedepankan kepentingan bersama," tegasnya.

BACA JUGA:Nasib Timnas Malaysia Ditolak Bangladesh dan Maladewa untuk FIFA Matchday, 2 Negara Justru Saling Berhadapan

Dengan mempersiapkan diri melalui pendidikan dan moral yang baik, GP Ansor diharapkan dapat mencetak generasi emas yang siap membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. 

Lebih lanjut, kata Gus Ulin, Hari Sumpah Pemuda seharusnya menjadi pengingat bagi pemuda Indramayu untuk berperan aktif, dalam pembangunan dan menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: