Misteri Situs Keramat Pulomas, dari Pesugihan Hingga 'Ngalap Berkah'

Misteri Situs Keramat Pulomas, dari Pesugihan Hingga 'Ngalap Berkah'

Situs Keramat Pulomas yang terletak di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, dijaga oleh seorang juru kunci bernama Darman.-Foto: Burhannudin.-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Nama Pulomas di Kabupaten Indramayu dikenal menyimpan misteri yang telah turun-temurun dipercaya masyarakat. Situs keramat ini diyakini sebagai pusat kekuatan gaib, dan menjadi tujuan bagi mereka yang mencari kekayaan instan melalui ritual pesugihan.

Perlu diketahui, Pulomas memiliki dua situs di dua tempat yang berbeda, yakni Pulomas yang utama berada di Desa Cantigi Kulon, sedangkan situs yang lainnya berada di Desa Cantigi Wetan, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu. 

Keberadaan Pulomas sebagai tempat pesugihan semakin santer terdengar, menarik minat bukan hanya warga lokal Indramayu, namun juga dari berbagai penjuru pulau Jawa, bahkan hingga ke Sumatera dan daerah lainnya di Indonesia. 

Seorang pengunjung yang berasal dari Jakarta menceritakan maksud dan tujuannya mendatangi situs keramat ini. 

"Saya datang ke sini mencari arti hidup yang sesungguhnya. Saya pensiunan pelayar yang saat ini hanya membutuhkan ketenangan," ujar pria paruh baya yang enggan namanya dicantumkan dalam tulisan ini. 

BACA JUGA:Parah! Pelatih Timnas Bahrain, Dragan Talajic Ternyata Pernah Remehkan Timnas Indonesia

Darman, seorang juru kunci di Pulomas, menceritakan bagaimana kisah tempat ini bermula. "Di alam manusia, Pulomas hanya berupa bangunan biasa yang dikelilingi empang (tambak ikan), dulunya wilayah ini juga sebagai laut," ungkapnya, saat ditemui Radar Indramayu di situs Pulomas (12/9/2024).

Namun, di balik keindahan alamnya, tersimpan kekuatan gaib yang dipercaya dipimpin oleh seorang ratu yang sakti mandraguna.

"Di sini ada kerajaan ibu ratu Dewi Lanjar sang penguasa Pantai Utara, dan memiliki kekuatan yang besar sekali," ucap Darman. 

BACA JUGA:Jelang Pertandingan Melawan PSIS Semarang, Persib Bandung Lakukan Pemulihan Kebugaran Usai Tandang PSM Makasar

Mitos mengenai kerajaan gaib di Pulomas pun semakin kuat. Konon, menurut Darman, ratu yang berkuasa di alam gaib ini memiliki kekuasaan yang sangat luas, bahkan menguasai wilayah di bawah laut. 

Ritual pesugihan yang dilakukan di Pulomas pun diyakini sebagai bentuk perjanjian dengan makhluk halus di tempat tersebut.

Selain Darman, Radar Indramayu juga berkesempatan menemui H Abdullah, yang juga merupakan salah seorang juru kunci Pulomas. 


Situs Keramat Pulomas yang dijaga oleh H Abdullah terletak di Desa Cantigi Wetan.-Foto: Burhannudin. -radarindramayu.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: