Komunitas CANDAK Gelar Diskusi Publik, Ajak Partisipasi Pemuda dalam Pilkada

Komunitas CANDAK Gelar Diskusi Publik, Ajak Partisipasi Pemuda dalam Pilkada

Para pembicara dalam diskusi publik yang digagas oleh Komunitas CANDAK, antara lain, Anggota Bawaslu Kabupaten Indramayu, Ketua KPUD Kabupaten Indramayu, Camat Cantigi, Kuwu Lamarantarung (4/8/2024).-Foto: Burhannudin. -radarindramayu.id

RADARINDRAMAYUIDKomunitas CANDAK (Cantigi Bertindak) mengadakan diskusi publik yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indramayu, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, pada Minggu, 4 Agustus 2024. 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam proses demokrasi, khususnya di Pilkada serentak 27 November mendatang.

Dalam diskusi yang berlangsung di Kantor Balai Desa Lamarantarung, peserta berjumlah sekitar 30 orang yang terdiri dari perwakilan pemuda, Aparat Desa Lamarantarung, masyarakat Desa Lamarantarung serta Desa lainnya di Kecamatan Cantigi, akademisi, Camat Cantigi, dan lembaga terkait, secara aktif bertukar pikiran mengenai berbagai isu krusial dalam pemilu. 

Beberapa topik utama yang dibahas salah satunya adalah partisipasi pemuda dalam Pilkada Serentak 2024, literasi digital, serta pengawasan pemilu.

Imanudin, Pendiri CANDAK, selaku inisiator acara ini, menyatakan bahwa diskusi publik ini merupakan langkah penting untuk menjembatani kesenjangan antara pemilih muda dengan penyelenggara pemilu. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Truk Tronton Tabrak Mobil Bak di Pantura Larangan, Penumpang Terluka

“Pemuda memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan arah masa depan bangsa. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk terlibat aktif dalam proses demokrasi,” ujarnya.

Masykur, M. Pd., Ketua KPUD Kabupaten Indramayu, menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Komunitas CANDAK. 

Menurutnya, diskusi seperti ini sangat bermanfaat untuk menjaring aspirasi dan masukan dari masyarakat, khususnya generasi muda. 

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, agar dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” tegasnya.

BACA JUGA:Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja pada Kalangan Pelajar di Desa Cilandak Lor

Mohammad Saprudin, S. Pd., Anggota Bawaslu Kabupaten Indramayu berharap melalui diskusi publik ini, partisipasi pemuda dalam Pemilu mendatang akan semakin meningkat, terutama dalam segi pengawasan pemilu. 

Sedangkan H. Muhammad Zainul Muttaqin, S.T, MM, Camat Cantigi, mengungkapkan bahwa suara generasi muda dapat terakomodasi dengan baik dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan masa depan bangsa.

Sebagai hasil dari diskusi ini, disepakati beberapa poin penting yang akan ditindaklanjuti oleh semua pihak yang terlibat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: