Dokmaru, Pelayanan Cepat Tanggap Kesehatan bagi Warga Indramayu

Dokmaru, Pelayanan Cepat Tanggap Kesehatan bagi Warga Indramayu

PEDULI : Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CA saat menjenguk warganyanya yang sedang sakit. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

RADARINDRAMAYU.ID - Selama tiga tahun jalan Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA memimpin Kabupaten Indramayu, sudah banyak yang dirasakan oleh masyarakat Indramayu. Salah satu program unggulan yang sangat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat adalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terutama dari kalangan keluarga miskin (gakin).

Hal itu tertuang dalam 10 program unggulan, diantaranya Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Melalui program ini, masyarakat Indramayu mendapatkan pelayanan kesehatan dokter secara langsung dari Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) dengan datang kerumah mereka.

Seperti dirasakan Sahri (73), warga Blok Tanjung Sari, Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar. Lansia korban kecelakaan lalu lintas di jalur pantura ini mengalami keretakan pada tulang kaki kanannya. Sehingga, tidak bisa beraktivitas normal termasuk berobat ke faskes.

Berkat Dokmaru, Sahri bisa meminta dokter untuk datang ke rumahnya di pinggiran hutan. Bahkan, dalam waktu 45 menit, tim Dokmaru telah datang kerumah Sahari, sejak dia menghubungi Tim Cepat Tanggap Public Safety Center (PSC) 119.

BACA JUGA:Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon Deklarasi Masjid Ramah Anak

Program Dokmaru sangat membantu masyarakat. Makasih Ibu Bupat Nina, saya bisa ditolong langsung,” jelas Sahri kepada wartawan Radar Indramayu, belum lama ini.

Hal senada dikatakan Karyo (57),  warga Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. “Saat saya sakit, tim kesehatan dari Puskesmas Juntinyuat langsung mendatangi rumah. Selanjutnya saya langsung mendapat pelayanan kesehatan. Makasih Ibu Bupati, Program Dokmaru sangat membantu masyarakat,” jelas Karyo

Sementara itu, Camat Juntinyuat Rusyad Nurdin menuturkan, untuk dapat pelayanan kesehatan ini warga tinggal menghubungi call center cepat tanggap PSC 119 Dinkes Indramayu yang kemudian dilanjutkan ke call center PSC 119 Puskesmas di Kecamatan.

Selajutnya, laporan itu ditindak lanjuti oleh tim kesehatan dari Puskesmas tersebut.
Mulai dari dokter, perawat, bidan, sampai sopir ambulans secara langsung mendatangai rumah warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat.

BACA JUGA:Indonesia vs Timor Leste: Kejar Rekor Sapu Bersih

“Intinya ini adalah reaksi cepat tanggap, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pelayanan jemput bola, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Rusyad seraya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nina yang sangat luar biasa dalam menjalankan Program Dokmaru yang sangat menyentuh pelayanan dasar kesehatan masyarakat. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: