Warga Cigugur Ketakutan dengan Munculnya Monyet yang Masuk Rumah

Warga Cigugur Ketakutan dengan Munculnya Monyet yang Masuk Rumah

Warga di Kelurahan Winduherang, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan resah dengan monyet ekor panjang yang sering masuk rumah.-Video Amatir - Kolase--Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID  - Munculnya monyet beberapa hari terakhir ini membuat Warga Lingkungan Lingga Kamuning, Kelurahan Winduherang Kecamatan Cigugur ketakutan.

Bahkan, sejumlah monyet diantaranya sering masuk kedalam rumah dan membuat penghuni rumah ketakutan.
Pada akhirnya, aparat desa setempat.

Melansir dari radarkuningan.com, Sugih melaporkan keresahan warganya ke UPT Damkar Satpol PP Kuningan, pada Selasa, 9 Juli 2024. Salah seorang warga, Udi menerangkan, bahwa sudah dua hari kebelakang ada 2 (dua) ekor kera meresahkan warga dan kera tersebut masuk ke permukiman warga pagi dan siang hari.

"Dua hari terakhir rutin datang, sekitar pukul 06.30 WIB dan siang sekitar pukul 13.30 WIB," terangnya kepada radarkuningan.

Menerima laporan aduan masyarakat, 5 personel diterjunkan ke lokasi pelaporan. Setiba di lokasi, petugas langsung mencoba mengevakuasi monyet yang saat itu berada di lantai 2 rumah warga.

BACA JUGA:Berpengalaman Dampingi Kepala Daerah di Jabar, Suhendrik Jadi Tim Penilai Independen KIJB 2024

Petugas dibantu warga setempat mencoba memburu monyet tersebut yang kabur ke perbukitan tak jauh dari pemukiman.

Ka UPT Damkar, Andri Arga Kusumah menyampaikan, Mitigasi kera ekor panjang (macaca fasciluraris) yang masuk kepemukiman warga Kelurahan Winduherang Kecamatan Cigugur.

"Monyet atau Kpera (Macaca fascicularis) adalah monyet asli Asia Tenggara namun sekarang tersebar di berbagai tempat di Asia. Nama lokalnya dalam bahasa Melayu, kra atau kera, adalah tiruan bunyi yang dikeluarkan oleh hewan ini," jelasnya terpisah.

Masih dalam penjelasannya, dalam literatur-literatur lama, spesies ini acap disebut sebagai kera ekor panjang atau monyet ekor panjang (dari bahasa Inggris, long-tailed macaque), monyet pemakan kepiting (Ingg., crab-eating monkey), atau monyet saja.

BACA JUGA:Belanda vs Inggris: Misi Berat Three Lions

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: