DPA Komitmen Sosialisasikan GIM

DPA Komitmen Sosialisasikan GIM

KOMITMEN: DPA Kabupaten Indramayu membacakan komitmen bersama untuk mensosialisasikan Gerakan Indonesia Membaca (GIM), belum lama ini.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Gerakan Indonesia Membaca (GIM) terus konsisten disosialisasikan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

Sejak dicanangkan pada tahun 2015, GIM menjadi upaya mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.

Untuk mendukung itu, semua Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu mengikuti kegiatan Wicara Gerakan Indonesia Membaca dan Workshop Sepekan Satu Buku Resensi Berbasis Wilayah yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat, belum lama ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M bersama Kepala Dispusipda Jawa Barat dan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sukabumi berkesempatan membacakan komitmen bersama kepala perangkat daerah yang membidangi urusan perpustakaan pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota se-Jawa Barat.

BACA JUGA:AMJ Calon Petahana sampai Pelantikan Paslon Terpilih

Aan menjelaskan, beberapa hal yang ditekankan dalam komitmen bersama tersebut diantaranya adalah mengawal program literasi menjadi program prioritas pembangunan daerah dan terakomodir dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Selain itu, lanjutnya, menyediakan dukungan ketersediaan sumber daya baik itu sarana prasarana maupun anggaran dan personel pengelolaan perpustakaan di wilayah masing-masing.

Menyikapi hal tersebut, dikatakan Aan, Pemkab Indramayu terus berupaya membumikan gerakan membaca tersebut diantaranya menyediakan fasilitas perpustakaan yang lengkap dan nyaman, menghadirkan perpustakaan keliling yang hadir di setiap kegiatan masyarakat serta mengimbau penyediaan sudut baca dan terus mendorong keaktifan perpustakaan baik di tingkat kecamatan maupun desa.

“Sesuai dengan arahan Ibu Bupati, Pemkab Indramayu secara konsisten terus meningkatkan literasi masyarakat terutama melalui membaca,” tuturnya.

BACA JUGA:WPS Widasari Olah Sampah Jadi Briket

Bahkan, lanjut Aan, perpustakaan keliling yang tersedia di DPA Kabupaten Indramayu, terus diupayakan untuk hadir dalam kegiatan masyarakat.

“Langkah itu sebagai bentuk keseriusan kami terkait hal tersebut yang diharapkan dengan meningkatnya minat baca dapat mendorong peningkatan IPM di Kabupaten Indramayu,” tandasnya.

Diketahui, pembacaan komitmen bersama tersebut juga turut disaksikan Plt Kepala Perpusnas RI Aminudin Aziz, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, perangkat daerah Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat, duta baca Jawa Barat, TBM Kab/Kota di Provinsi Jawa Barat, GLN Gareulis Jabar, dan para pelajar. (oni/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: