Sinergi Kuatkan Ketahanan Pangan

Sinergi Kuatkan Ketahanan Pangan

SINERGI: Kepala Bapanas Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI Arief Prasetyo Adi bersama Bupati Indramayu Hj Nina Agustina sepakat mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Indramayu, belum lama ini.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI Arief Prasetyo Adi dan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina terus bersinergi untuk mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Indramayu.

Hal tersebut ditunjukan dengan kunjungan di Kabupaten Indramayu untuk meresmikan Rice Milling Plant (RMP) yang digagas oleh AB2TI di Desa Kalensari Kecamatan Widasari, belum lama ini.

Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi menjelaskan, untuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat harus dilakukan penguatan ekosistem pertanian dari hulu hingga hilir.

Menurutnya, Kabupaten Indramayu sudah sangat siap untuk menjalankan hal tersebut karena semuanya ada di Indramayu.

BACA JUGA:Untuk Keselamatan, Jamaah Haji Lebih Baik Ikut Skema Murur

“Di Indramayu ini sudah lengkap mulai dari pembenihan, pupuk, irigasi, pengolahan, hingga pemasaran pertanian harus dilakukan penguatan,” kata Arief.

Disampaikannya, penguatan ketahanan pangan di Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah pertanian yang harus mendapatkan perhatian khusus adalah komoditas padi. Namun demikian, komoditas lainnya juga harus mendapatkan perhatian seperti halnya perikanan, peternakan, perkebunan, dan lainnya.

“Indramayu itu sangat luar biasa, komitmen Bupati Nina Agustina sangat kuat sekali dalam mengembangkan sektor pertanian. Dibantu dengan jajaran TNI semoga cita-cita kita mewujudkan ketahanan pangan bisa terwujud,” tuturnya.

Arief menambahkan dengan adanya RMP yang dimiliki oleh para petani kecil ini akan makin menguatkan ekosistem pertanian yang ada di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Jelang Puncak Haji 2024, Jamaah Bersiap Menuju Arafah

“Bupati Indramayu ini adalah sahabat saya, sahabat yang mampu membawa Indramayu sebagai lumbung pangan nasional. Kita sekarang bersama-sama kembali membangun ketahanan pangan melalui ekosistem pertanian Indonesia berawal dari Kabupaten Indramayu,” tegas Arief.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina mengatakan, dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pusat dalam menjalankan program dan kegiatan ketahanan pangan ini.

“Terima kasih banyak kepada Bapanas yang terus mendukung dan memberikan support kepada Kabupaten Indramayu sebagai daerah pertanian untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Sinergitas dan penguatan ini harus terus kita lakukan,” ujarnya. (oni)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: