Terjadi Kebakaran Sebuah Pabrik Terasi di Pangenan

Terjadi Kebakaran Sebuah Pabrik Terasi di Pangenan

Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api di pabrik terasi yang berada di Jalan Raya Utama Pantura Cirebon-Losari, Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Senin 20 Juni 2024 malam-istimewa-RADAR INDRAMAYU

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Kebakaran terjadi di pabrik terasi yang berada di Jalan Raya Pantura Cirebon-Losari, tepatnya di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon.

Peristiwa kebakaran pabrik terasi tersebut terjadi pada Senin 10 Juni 2024 pada pukul 20.00 WIB.

Sebelum kejadian kebakaran, pabrik terasi tersebut sedang ada aktivitas pengeringan bahan baku untuk diproses menjadi tepung.

Kemudian, pihak penjaga malam ditinggal untuk makan malam sekitar pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA:Indonesia vs Filipina, Shin Tae-yong: Tak Ada Tempat untuk Mundur!

"Setelah kembali dari makan malam dan mengecek oven, api sudah mulai membesar," kata keterangan tertulis Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten Cirebon.

Api semakin membesar karena kondisi pabrik sudah tua dan semi permanen, sehingga material yang ada disekitar lokasi mudah terbakar.   

Petugas Pemadam Kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 20.09 WIB. Kemudian, aksi pemadaman pun dilakukan hingga selesai pada pukul 22.08 WIB. Dan, selesai pendinginan pada Selasa 11 Juni 2023 pukul 2.53 WIB.

"Kurang lebih 7 jam akhirnya lokasi kebakaran dinyatakan aman. Saat pemadaman diterjunkan 4 armada pemadam kebakaran dari sektor Pangenan, Losari, Lemahabang dan Weru," imbuhnya.

BACA JUGA:Sempat Turun, Angka Perceraian Kembali Naik Faktor Utama karena Ekonomi

Dalam kejadian tersebut, luas area yang terbakar kurang lebih 450 meter persegi. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 100 jutaan.  

"Untuk korban, ada 1 petugas damkar dari Regu III Sektor Losari tertusuk paku atas nama Abdul Rohim," bebernya.

Terkait penyebab, sampai dengan saat ini masih dalam penyelidikan. Tapi, berdasarkan dugaan awal, kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik atau over heat pada oven.

Dalam pemadaman ini, petugas Damkar dibantu oleh aparat kepolisian dari Polsek Pangenan, TNI dari Koramil Astanajapura dan karyawan setelmpat.

BACA JUGA: SUN-JAE KAI Daop 3 Cirebon Berlakukan Tarif Promo KA Gocher

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: