Indonesia vs Irak: Panggung Menuju Piala Asia 2027

Indonesia vs Irak: Panggung Menuju Piala Asia 2027

Timnas Indonesia bersiap menghadapi Irak. -dok pssi.-RADAR INDRAMAYU

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Timnas Indonesia melakoni pertandingan penting pada putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda –julukan timnas Indonesia- bakal ditantang pemuncak klasemen Grup F, Irak.
Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis sore (6/6/2024) tersebut sangat krusial, menentukan kelolosan Indonesia ke putaran ketiga.

Laga Indonesia vs Irak bisa disaksikan melalui siaran langsung RCTI pukul 16.00 WIB.
Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong cukup membukukan satu kemenangan lagi untuk menghindari kejaran Vietnam yang ada di peringkat kedua klasemen Grup F. Itu bisa Indonesia dapatkan dari Irak yang sudah pasti melangkah ke babak selanjutnya.

Jika menang melawan Irak, Indonesia juga lolos ke Piala Asia 2027. Hal itu karena, dalam regulasi tertulis bahwa tim yang lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

BACA JUGA:8 Kasus Kekerasan pada Anak dan Perempuan

Tetapi perlu dicatat, Indonesia mengalami kekalahan telak saat berhadapan di putaran pertama lalu. Skuad Garuda takluk 1-5 pada laga perdana kualifikasi, yang berlangsung di Irak. Sebelum-sebelumnya, Indonesia baru dua kali menang atas Irak. Kemenangan terakhir Indonesia atas Irak didapat pada 1 September 2000, pada ajang Piala Kemerdekaan.

Setelah itu, Indonesia menuai empat kekalahan beruntun dari Irak. Indonesia juga kalah 1-3 dari Irak saat bertanding di Piala Asia 2023. .Yang terbaru, Indonesia kalah 1-5 di babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Untuk saat ini, The Lions of Mesopotamia –julukan Irak- kukuh di puncak klasemen Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan 12 poin. Irak yang ada di peringkat 58 FIFA, tentu tidak ingin tergusur oleh Indonesia.

Melihat situasi di klasemen Grup F, yaitu selisih poin Indonesia (4 poin) dari Vietnam, kemenangan atas Irak akan memastikan tuan rumah lolos. Tidak peduli apapun hasil di laga Vietnam vs Filipina.

BACA JUGA:Wadah Ide Anak Muda untuk Pembangunan IKN, Menpora Dito Dukung Konsorsium Gerbangtara

Pada dasarnya, apapun hasil laga di matchday kelima sore nanti, tidak akan membuat Skuad Garuda tergusur dari posisi runner-up. Jika pun kalah, Indonesia masih punya kans saat menjamu Filipina, pada 11 Juni 2024 nanti.

Bahkan, imbang atau kekalahan atas Irak tetap bisa mengantar Indonesia lolos. Dengan catatan, di laga lain, Vietnam meraih hasil serupa atau lebih buruk dibanding Indonesia.

Target tinggi diusung oleh Indonesia. Marselino Ferdinan dan rekan-rekannya bertekad memenangkan dua laga tersisa Grup F. Kondisi anak asuh Shin Tae-yong juga sangat bagus jelang duel melawan Irak dan Filipina.

"Kita siap lawan Irak dan Filipina. Kita tidak melihat apapun. Kita harus memenangi dua laga sisa. Kondisi pemain, saya tegaskan siap untuk menghadapi laga selanjutnya," kata Marselino dikutip laman resmi PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: