Serapan Beras Bulog Melebihi Target

Serapan Beras Bulog Melebihi Target

LEBIHI TARGET: Kepala Cabang Perum Bulog Indramayu memaparkan terkait capaian target serapan beras petani pada musim tanam 1 tahun 2024, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Realisasi penyerapan beras petani oleh Bulog Indramayu sudah melebihi target yang sudah direncanakan.

Untuk musim tanam (MT) 1 tahun 2024, penyerapan beras sebanyak 26 ton dari target 19 ton.
Demikian dikatakan Kepala Cabang Perum Bulog Indramayu Ilhamsyah kepada Radar Indramayu, Kamis (30/5).

“Penyerapan beras di MT 1 tahun 2024 ini sangat bagus, yang jelas melebihi target. Target kita 19 ribu ton, tapi saat ini kita sudah 26 ribu ton, itu bisa terus bertambah,” ungkap Ilhamsyah.

Diakuinya, harga pembelian pemerintah (HPP) beras yang diterapkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) cukup efektif membantu Perum Bulog dalam melakukan penyerapan beras di petani.
Diungkapkannya, melalui fleksibilitas HPP beras saat ini naik dari sebelumnya Rp9.950/kg menjadi Rp11 ribu/kg.

BACA JUGA:Razia Miras, Polisi Sita Puluhan Botol Minuman Keras di Wilayah Arjawinangun dan Susukan

“Adapun ketentuan beras itu memiliki derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air 14 persen, butiran patah maksimal 20 persen, dan butir menir maksimal 2 persen,” ungkapnya.

“Selama standar dan kualitasnya terpenuhi, beras dari petani akan kami serap sebanyak-banyaknya, untuk pemenuhan stok beras kami juga sudah memiliki 45 mitra, untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah, dan luar daerah juga,” tuturnya.

Terkait penyaluran bantuan pangan di Kabupaten Indramayu, Ilhamsyah menjelaskan, untuk alokasi bulan Mei, disalurkan pada 30 Mei 2024, yang pendistribusiannya oleh PT Pos Indonesia dibantu pemerintah desa masing-masing.

Untuk jumlah penerima bantuan pangan di Kabupaten Indramayu tahun 2024, Ilhamsyah menyebutkan, sebanyak 260.190 keluarga penerima manfaat (KPM), meningkat dibanding tahun 2023 sebanyak 227.432 KPM.

BACA JUGA:Job Fair di SMKN 1 Majalengka, Dari 23 Perusahaan Loker Pria Cuma 10 Persen

“Jumlah KPM mengalami peningkatan dari tahun 2023, karena data tahun 2024 bersumber dari Bapanas, sedangkan tahun 2023 dari Kemensos,” ungkapnya.

Ilhamsyah berharap, penyaluran berjalan lancar. “Dan bagi masyarakat yang mendapatkan beras tidak layak bisa ditukar dalam waktu 2×24 jam,” ujarnya. (oni)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: