Pondok Pesantren Progresif RPK Ulfiyah Segeran Launching Lembaga Majelis Taklim

Pondok Pesantren Progresif RPK Ulfiyah Segeran Launching Lembaga Majelis Taklim

BERKEMBANG_Pimpinan Ponpes Progresif RPK Ulfiyah Segeran Gus Miftah (kiri) bersama.ustadz Nurul Khikam membuka Jam'iyah Sabtonan di Ponpes Progresif RPK-Adun Sastra-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Progresif RPK Ulfiyah menggelar Launching Majelis Taklim Babul Ilmi pada Jumat 29 Maret 2024 di Aula Ponpes Progresif RPK Ulfiyah Segeran Juntinyuat Kabupaten Indramayu. 

Pimpinan Pondok Pesantren Progresif H. Miftahul Fatah MPd mengatakan bahwa majelis taklim bukan hanya semata mata  berfungsi sebagai lembaga dakwa. Melainkan berperan juga dalam melakukan pengembangan dan pembinaan ilmu agama Islam. 

Juga ikut berperan aktif dalam melakukan  pembinaan kehidupan masyarakat. Untuk itu kami mengajak kepada para jamaah agar betul betul istiqomah dalam mengikuti kegiatan kegiatan majlis taklim yang selama ini telah berjalan. 

Sebelumnya Gus Mif sapaan akrab Gus Miftahul Fatah dalam rapat bulanan,  dewan asatidz pesantren menyampampaikan keinginanya terkait dengan pendirian majelis taklim. Dalam rapat tersebut disepakati bahwa  K. Nurul Khikam yang akan memimpin majlis taklim tersebut. 

BACA JUGA:Disdikbud Komitmen Cegah Kasus Perundungan di Sekolah

Gus Mif juga mengapresiasi kerja gaspol para pengurus karena dalam waktu yang singkat, majlis taklim ini sudah terdaftar pada Kementerian Agama Indramayu. Bahkan, lanjut dia, sudah mendapatkan sertifikat piagam majelis taklim dengan No. MT416812000425. 

Ditambahkannya, secara harafiah, Babul Ilmi berasal dari Bahasa Arab yang berarti pintu atau gerbang ilmu. Sementara itu, secara filosofis pintu atau gerbang merupakan muara awal menuju suatu kawasan masa depan yang cerah dan memberikan kesuksesan bagi orang yang tinggal didalamnya. 

"Majelis taklim dikenal sebagai lembaga dakwah di Indonesia yang berkembang pesat sejak tahun 70-an. Di mana  pertumbuhannya masih berlangsung hingga saat ini. 

Sebagai institusi dakwah dan pembinan umat, majelis taklim juga  berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan pesan keagamaan. Disamping itu tukar menukar pikiran serta berbagi pengalaman dalam masalah keagamaan; membangun keakraban sesame jamaah; dan sebagai wadah informasi dan kajian keagamaan serta kerjasama di kalangan umat.

BACA JUGA:Patroli Ngabuburit Rutin selama Ramadan

Sementara itu Ketua Jamiyah K. Nurul KHimam mengatakan bahwa jamiyah ini akan dilaksanakan setiap malam Sabtu akhir bulan Masehi sehingga jamiyah ini kita sebut Jamiyah Sabtonan. 

Kegiatan Jamiyah ini. lanjut dia, nantinya akan kita isi dengan Istighosah, dakwah serta diskusi dalam rangka pembinaan kehidupan masyarakat. Sehingga majlis ini terbuka bagi siapapun yang ingin bersama sama melakukan mujahadah serta ngobrol bareng seputar kehidupan masyarakat.

Dan kegiatan ini akan disiarkan secara langsung melalui chanel Progresif TV atau Facebook Ponpes Progresif RPK Segeran."Yang jelas kita mengajak kepada seluruh umat Islam. Untuk bergabung bersamahun menegakan amar ma'ruf nahi munkar ,"pungkasnya. (dun)

BACA JUGA:Kapolres Cek Jalur Mudik di Pantura Indramayu, Siapkan Personel dan Dirikan Posko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: