Siap Sebelum Berkendara, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor

Siap Sebelum Berkendara, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor

Siap Sebelum Berkendara, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor-IST -Radar Indramayu

RADARINDRAMAYU.ID - Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para penggunanya dengan cara rutin melakukan perawatan, apalagi mendekati musim libur lebaran para pengendara sepeda motor akan mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Dalam upaya untuk memastikan perjalanan yang menyenangkan, penting bagi para pengendara untuk melakukan pengecekan beberapa komponen sepeda motor sebelum memulai perjalanan.

Salah satunya adalah pengecekan kampas rem sebagai komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara dengan mengatur laju kendaraan baik memperlambat maupun menghentikan putaran roda.

Pengecekan rutin sistem pengereman seperti kampas rem merupakan hal yang sangat penting menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara. Berikut beberapa tips perawatan komponen sistem pengereman sepeda motor yang dapat dilakukan oleh para konsumen:

1. Gaya Berkendara Dan Pembersihan Kampas Rem

Saat mengendarai sepeda motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis. Selain memperhatikan gaya berkendara, penting juga untuk membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem. Hal ini dilakukan agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.

2. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

Agar fungsi rem cakram sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran. Ketika minyak rem dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram juga akan lebih optimal. Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, konsumen juga perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

BACA JUGA:Partai Gelora Gelar Konsolidasi Nasional Bahas Hasil Pemilu 2024 Usai Lebaran

3. Penggunaan spare part asli Yamaha

Penggunaan spare part asli Yamaha juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli Yamaha telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model sepeda motor Yamaha, sehingga kinerja dan daya tahannya optimal. Selain itu, minyak rem asli Yamaha juga telah teruji kemampuannya dalam menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pengereman.

“Melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya, hal ini untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif. Maka dari itu kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” jelas Frengky Rusli, Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sebagai bentuk dukungan dalam menjaga keselamatan berkendara sekaligus menyambut bulan suci Ramadan, Yamaha menghadirkan program promosi spesial RAYA (Ramadan bersama Yamaha). Seperti potongan harga senilai Rp 25.000,- untuk setiap pembelian Paket Hemat (kampas rem depan + belakang + oli Yamalube) yang berlaku di seluruh jaringan bengkel resmi Yamaha. Promo ini berlangsung mulai dari tanggal 15 Maret hingga 15 April 2024, dan dapat dinikmati oleh seluruh pemilik sepeda motor Yamaha (Matic, Sport, Moped).

Segera lakukan perawatan di bengkel tepercaya, yaitu bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukan perawatan secara teratur, tidak hanya performa motor yang tetap terjaga, tetapi konsumen juga bisa menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti promo spesial yang tersedia. Tidak hanya itu, konsumen juga memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin dari setiap transaksi service melalui My Yamaha Motor App hingga menjadi My Yamaha Motor Member. Dengan bergabung sebagai member, konsumen berhak mendapatkan berbagai hadiah menarik, termasuk voucher potongan harga untuk layanan servis.

BACA JUGA:BAZMA Salurkan ZIS Bagi 1.677 Mustahik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: