Dialihkan ke Jalur Alternatif, Jalan Majalengka- Kuningan Lonsor Lagi

Dialihkan ke Jalur Alternatif, Jalan Majalengka- Kuningan Lonsor Lagi

LONGSOR LAGI: Arus lalu lintas dialihkan melalui Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, serta melalui Jalan Cidulang-Cipulus menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.-ist-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARINDRAMAYU.ID  - Longsor susulan terjadi di jalan nasional antara Majalengka dan Kuningan, tepatnya di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, pada Sabtu (16/3) malam.

Material longsor, berupa lumpur dengan ketinggian sekitar 20 cm-30 cm, tampak memenuhi badan jalan, sehingga menyebabkan ruas jalur tersebut ditutup dan arus lalu lintas dialihkan melalui jalur alternatif.

Arus tersebut dialihkan melalui Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, serta melalui Jalan Cidulang-Cipulus menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Rezza Permana, Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda dari BPBD Majalengka, menjelaskan bahwa peristiwa longsor susulan terjadi sekitar pukul 19.45 WIB pada Sabtu malam. Ini merupakan kejadian keempat dalam sepekan terakhir.

BACA JUGA:Warga Desa Tersana Gotong Royong Perbaiki Tanggul Ambles

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan lainnya telah dikerahkan ke lokasi untuk mengevaluasi dampak longsor dan mengambil tindakan tanggap darurat.

Tim kedua juga telah diberangkatkan untuk membantu menangani situasi tersebut.
Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan mengikuti petunjuk petugas gabungan saat menggunakan jalur alternatif.

BPBD juga menyampaikan permohonan maaf kepada pengendara yang terganggu oleh dampak longsor tersebut.
Longsor sebelumnya menutup ruas jalan yang sama pada Selasa (5/3) dan baru dibuka kembali pada Senin (11/3/2024) setelah membersihkan seluruh material longsor. Kali ini, kejadian longsor terjadi di titik keempat.

Kapten Inf Dadang Purnomo, Danramil 1705 Cikijing, menjelaskan bahwa petugas gabungan, termasuk TNI, Polri, dan Basarnas, bersama warga setempat, melakukan evakuasi dan membersihkan material longsor.

BACA JUGA:Sediakan Tajil, DKM Sabilul Muttaqien Gelar Iftar Bersama Selama Ramadan

Jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Kuningan melalui Cikijing belum bisa dilalui karena material longsor menutupi badan jalan. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: